Home > Ragam Berita > Nasional > PN Jakarta Utara Pastikan Sidang Perdana Ahok Akan Digelar Pekan Depan

PN Jakarta Utara Pastikan Sidang Perdana Ahok Akan Digelar Pekan Depan

Jakarta – Pengadilan Negeri Jakarta Utara telah menentukan jadwal sidang perdana perkara pidana penistaan agama oleh Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Sesuai rencana, sidang pembuka tersebut akan digelar pada 13 Desember 2016.

PN Jakarta Utara Pastikan Sidang Perdana Ahok Akan Digelar Pekan Depan

“Menurut jadwal (sidang perdana kasus Ahok) Hari Selasa, 13 Desember 2016, pukul 09.00 WIB, bertempat di ruang Kusuma Atmadja PN Jakarta Utara,” tutur Humas PN Jakarta Utara, Hasoloan Sianturi, kepada awak media, Senin (5/12/2016).

Hasoloan mengungkapkan, pihaknya juga telah menetapkan susunan majelis hakim yang akan menangani perkara dugaan penistaan agama oleh Ahok. Menurut rencana, proses persidangan nanti akan dipimpin langsung oleh Ketua PN Jakarta Utara, yaitu hakim Dwiarso Budi Setianto. Sementara, empat hakim anggota yang akan mendampingi Dwiarso adalah Supriyadi, Abdul Rozak, Joseph Rahantoknam, dan I Wayan Wijana.

Hasoloan juga menampik apabila pengerahan lima hakim dalam persidangan Ahok tersebut sebagai bentuk perlakuan istimewa instansinya terhadap mantan bupati Belitung itu. Menurut dia, jumlah hakim yang mengadili suatu perkara sepenuhnya menjadi kewenangan pengadilan, bukan atas masukan dari pihak-pihak lain.

“Dalam berbagai perkara memang biasanya tiga atau lima hakim. Yang penting jumlahnya harus ganjil, biar jika dilakukan voting tidak ada deadlock,” ujarnya menjelaskan.

Ia juga memastikan proses peradilan tersebut bakal dilakukan secara terbuka dan transparan.

Baca juga:

“Karena hukum acara memang mengharuskan persidangan terbuka untuk umum,” tegasnya. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Hebat! Meski Dikeroyok, Anggota Kopassus Ini Bikin 7 Pemuda Mabuk Lari dan 1 Orang Pingsan

Hebat! Meski Dikeroyok, Anggota Kopassus Ini Bikin 7 Pemuda Mabuk Lari dan 1 Orang Pingsan

Jakarta – Seorang anggota Kopassus dari Satuan 81 / Penanggulangan Teror yang bernama Sertu Wahyu ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis