Home > Ragam Berita > Nasional > Ditanya Biaya Pengamanan Aksi 412, Kapolri : “Murah Meriah”

Ditanya Biaya Pengamanan Aksi 412, Kapolri : “Murah Meriah”

Jakarta – Setelah aksi demo yang menuntut kasus dugaan penistaan agama Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok itu berakhir, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, mengungkap tentang biaya pengamanan yang dihabiskan oleh institusinya untuk mengamankan dua aksi massa besar-besaran tersebut. Menurut Tito, total biaya operasional yang keluar hingga mencapai Rp 76 miliar.

Ditanya Biaya Pengamanan Aksi 412, Kapolri : "Murah Meriah"

“Biaya (pengamanan) 411 hampir 33 M. Untuk 212 itu 43 M. Kenapa? Karena melibatkan jumlah personil yang cukup besar,” kata Tito saat rapat dengan Komisi III DPR, Senin (5/12/2016).

Biaya yang sangat besar yang dikeluarkan tersebut habis untuk membiayai akomodasi penarikan pasukan Brimob hampir dari seluruh daerah. Sehingga, total kekuatan pengamanan mencapai 20 ribu lebih personel pada aksi demo 411. Sedangkan dalam mengamankan jalannya aksi 212, jumlah personelnya lebih besar yakni hampir mendekati 27 ribu personel.

“DPR saja enam ribu lebih. jadi total (biaya) untuk 4 November dan 2 Desember itu bukan hanya 1 hari tapi kan sudah ada pergeseran sebelumnya. 76 M untuk dua demo besar itu,” tambahnya.

Baca Juga : Foto Selfie Satpol PP Setelah Paksa Begal Berciuman Dihujani Kecaman Netizen

“Kalo 412 itu murah meriah pak, pengamanannya hehehe. Polri keluarkan biaya sendiri. Karena cuma beberapa jam saja. Kalau ini (411-212) kan perlu persiapan penempatan pasukan. Kalau tidak salah hampir dua minggu untuk satu kegiatan. Seminggu sebelum dan seminggu setelah hari H kita waspadai,” tandasnya.

(bimbim – harianindo.com)

x

Check Also

Puluhan Kondom Ditemukan Saat Polisi Gerebek Spa di Bali

Puluhan Kondom Ditemukan Saat Polisi Gerebek Spa di Bali

Denpasar – Sebelas anggota dari Polda Bali melakukan pengrebekan Triyana Spa Sari Jeding. Spa yang ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis