Home > Ragam Berita > Nasional > Kejagung Pastikan Sidang Ahok Akan Tetap Digelar di Jakarta

Kejagung Pastikan Sidang Ahok Akan Tetap Digelar di Jakarta

Jakarta – Baru-baru ini, beredar informasi bahwa, sidang kasus dugaan penistaan agama dengan tersangka petahana calon Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) akan tetap digelar di Jakarta. Hal tersebut sebagaimana dipastikan oleh Kejaksaan Agung dan Mahkamah Agung. Pada Selasa (13/12/2016) pukul 09.00 WIB, sidang perdana akan dilangsungkan.

Kejagung Pastikan Sidang Ahok Akan Tetap Digelar di Jakarta

Para pihak penegak hukum tidak mempunyai alasan untuk memindahkan lokasi persidangan ke daerah lain, khususnya terkait potensi gangguan dari massa yang menuntut penahanan Ahok tersebut. Hal tersebut seperti yang dikatakan oleh Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung, Mohammad Rum dan juru bicara Mahkamah Agung, Suhadi, pada Senin (5/12/2016).

“Kami belum dengar informasi itu (potensi intervensi). Lagi pula, kan jalannya sidang akan mendapat pengamanan ketat dari pihak kepolisian dan sudah dikoordinasikan,” ujar Rum.

Suhadi pun mengungkapkan hal yang senada. Ia mengatakan bahwa Mahkamah Agung telah memastikan bahwa sidang akan tetap dilaksanakan di Pengadilan Negeri Jakarta Utara. Tidak terlihat adanya indikasi atau potensi kerawanan apabila sidang tersebut tetap dihelat di Ibu Kota.

Menurut Humas PN Jakarta Utara, Hasoloan Sianturi, sidang akan dilangsungkan di eks Gedung PN Jakpus yang berada di Jalan Gajah Mada Nomor 17, Jakarta Pusat. Hal tersebut lantaran gedung PN Jakut di Jalan RE Martadinata, Tanjung Priok, sedang direnovasi.

Baca Juga : Ditanya Biaya Pengamanan Aksi 412, Kapolri : “Murah Meriah”

“Untuk mengantisipasi membludaknya pengunjung sidang, PN Jakarta Utara tengah berkoordinasi dengan kepolisian dan Kejaksaan Agung soal pengamanan sidang. Sejauh ini belum ada rencana pemindahan lokasi di luar Jakarta,” terang dia.

(bimbim – harianindo.com)

x

Check Also

Ketua MUI : "Boikot Produk-Produk Amerika"

Ketua MUI : “Boikot Produk-Produk Amerika !”

Jakarta – Kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, pada Minggu (17/12/2017) hari ini, dipadati oleh ...