Home > Ragam Berita > Nasional > Pengakuan Warga Yang Merasakan Goncangan Gempa Yang Sangat Kuat di Aceh

Pengakuan Warga Yang Merasakan Goncangan Gempa Yang Sangat Kuat di Aceh

Meulaboh – Aceh pagi ini diserang oleh gempa berkekuatan 6,4 Skala Richter. Lokasi yang paling dirasakan gempanya adalah Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat.

Pengakuan Warga Yang Merasakan Goncangan Gempa Yang Sangat Kuat di Aceh

Warga yang berada di sana menyebut jika gempa tersebut cukup kuat. “Gempanya terasa kuat sekali,” ujar Rafida, warga Aceh Jaya yang tinggal 314 km dari Pidie Jaya melewati pantai barat Aceh, seperti dilansir dari Antara, Rabu (7/12/2016).

Saat gempa terjadi, Rafida masih tertidur pulas. Sontak ia terkejut dan langsung panik.

Sementara itu, Yusna warga Perumahan Blang Beurandang mengungkapkan dirinya langsung memboyong anaknya keluar rumah begitu gempa terjadi.

“Memang masih tidur, gempa terasa seperti bumi ini dihempas dan berayun, begitu terjaga sedikit panik, rangkul anak langsung lari buka pintu ke luar,” ungkap Yusna.

Sekitar lima menit berselang pascagempa ini, kumandang azan Subuh terdengar dan guyuran hujan turun di sebagian wilayah Aceh Barat.

Sebelumnya, gempa yang kuat terasa di wilayah Meulaboh ini terjadi sekitar pukul 05.05 Wib. Hingga berita ini diturunkan belum diperoleh laporan kerusakan apa pun di Meulaboh, Aceh Barat, dan gempa tersebut seakan terasa bumi seperti dihempas kemudian berayun sehingga membuat warga yang merasakan cepat tersadar dari tidur.

Berdasarkan laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), lokasi gempa yang terjadi pukul 05.03 Wib pada 5,19 derajat Lintang Utara, dan 96,36 derajat Bujur Timur, 18 kilometer timur laut Kabupaten Pidie Jaya, Aceh.

BMKG mengumumkan jika kedalaman pusat gempa 10 kilometer.

Baca juga: Foto Masjid Yang Ambruk Akibat Gempa 6,4 SR di Aceh

Lokasi gempa itu 18 kilometer timur laut Kabupaten Pidie Jaya, 34 kilometer barat laut Kabupaten Bireuen, 48 kilometer timur laut Kabupaten Pidie, 121 kilometer tenggara Banda Aceh atau 1.716 kilometer barat laut Jakarta dan tidak berpotensi tsunami. (Yayan – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Negara-Negara Sahabat Tawarkan Bantuan untuk Korban Gempa Pidie

Negara-Negara Sahabat Tawarkan Bantuan untuk Korban Gempa Pidie

Nusa Dua – Menteri Luar Negeri Indonesia Retno L.P. Marsudi mengatakan banyak tawaran bantuan dari ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis