Home > Ragam Berita > Nasional > Pengamat Politik Minta Sidang Kasus Ahok Diselenggarakan Terbuka untuk Publik

Pengamat Politik Minta Sidang Kasus Ahok Diselenggarakan Terbuka untuk Publik

Jakarta – Pengadilan Negeri Jakarta Utara siap melaksanakan sidang perdana kasus dugaan penistaan agama. Sebagaimana diketahui, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) telah ditetapkan sebagai tersangka. Nah, sidang tersebut rencananya bakal dilangsungkan pada Selasa (13/12/2016).

Pengamat Politik Minta Sidang Kasus Ahok Diselenggarakan Terbuka untuk Publik

Menanggapi hal itu, pakar komunikasi politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing meminta sidang tersebut digelar terbuka karena melihat tingginya atensi publik.

“Ya sebaiknya tetap digelar terbuka ya, kan wacana publik sudah begitu ramai,” kata Emrus pada Rabu (7/12/2016).

Dia melanjutkan, bukan tidak mungkin dalam peradilan tersebut akan terjadi adu data, bukti, gagasan, dan argumentasi dari para pihak yang terkait.

Karena itu, pihak pengadilan dan kepolisian diharapkan mempertimbangkan aspe‎k keamanan dalam penyelenggaraan sidang. “Wacana sidang Ahok bisa menimbulkan interaksi dalam bentuk gesekan sosial di tengah masyarakat,” ungkapnya.

Baca juga: Polisi Informasikan Sidang Ahok Bakal Diselenggarakan di Cibubur

Dengan demikian, jelas Emrus, dapat memunculkan perasaan dan perilaku yang berbeda dari bermacam-macam kalangan akibat proses peradilan dugaan penistaan agama tersebut.

“Tentu nanti perbedaan persepsi dan pemaknaan akan menimbulkan perilaku yang berbeda pula dari setiap individu, atau suatu kelompok masyarakat dalam merespons proses peradilan dugaan penistaan agama yang dilakukan Ahok,” tutupnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Anies Realisasikan Janji Kampanye Lewat Raperda Reklamasi

Anies Realisasikan Janji Kampanye Lewat Raperda Reklamasi

Jakarta – Belum lama ini, Anies Baswedan telah mencabut usulan dua rancangan peraturan daerah terkait ...