Jakarta – Aceh belum lama ini digetarkan gempa berkekuatan 6,5 skala Ritcher (SR). Bencana alam tersebut melanda Kabupaten Pidie Jaya, Pidie, Bireun, dan sekitarnya. Hingga kini, kawasan tersebut merasakan terjadinya gempa. Berdasar laporan BMKG, ada 36 kali gempa susulan. Seluruhnya terjadi sejak 7 Desember 2016.

Berita Terkini : BMKG Catat Ada 36 Gempa Susulan di Aceh

“Sampai saat ini 36 gempa sususlan dengan intensitas magnitude semakin mengecil,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam jumpa pers di Graha BNPB Jalan Pramuka, Jakarta Timur, Kamis (8/12/2016).

Dengan merendahnya skala gempa, bumi diperkirakan mulai menuju keseimbangan. Namun, warga diminta tetap harus waspada dan meningkatkan mitigasi. “Masalah mitigasi perlu perhatian kita bersama ke depannya,” ujar Sutopo.

Sutopo menegaskan tak ada korban jiwa akibat gempa susulan. Korban tewas hampir semuanya akibat tertimpa bangunan yang roboh saat gempa 6,5 SR pagi kemarin.

Hingga kini, Tim SAR gabungan masih fokus mencari dan mengevakuasi korban yang diperkirakan masih ada yang tertimbun di balik reruntuhan. (Tita Yanuantari – harianindo.com)