Home > Ragam Berita > Nasional > Jokowi Gelontor Puluhan Juta Rupiah Untuk Bantu Renovasi Rumah Rusak Akibat Gempa Aceh

Jokowi Gelontor Puluhan Juta Rupiah Untuk Bantu Renovasi Rumah Rusak Akibat Gempa Aceh

Jakarta – Terkait tentang bangunan yang rusak maupun roboh dalam bencana gempa di Aceh, Presiden Joko Widodo (Jokowi) lantas menyatakan pemerintah akan memberikan bantuan untuk pembangunan kembali rumah-rumah warga yang rusak berat tersebut. Ia menyatakan akan memberikan bantuan sebesar Rp40 juta. Kondisi rumah penduduk terdampak gempa itu saat ini sedang dalam proses verifikasi termasuk jumlahnya.

Jokowi Gelontor Puluhan Juta Rupiah Untuk Bantu Renovasi Rumah Rusak Akibat Gempa Aceh

“Pemerintah pusat akan bantu, yang rusak berat dibantu Rp40 juta, yang rusak sedang ringan dibantu Rp20 juta,” kata Jokowi seusai meninjau rumah sakit lapangan di halaman Kantor Bupati Pidie Jaya, Aceh, Jumat (9/12/2016).

“Ada dua kategori nanti, yaitu yang rusak berat artinya sudah roboh total dan rusak sedang. Nanti baru dihitung jumlahnya berapa, akan ada keputusan bupati dan gubernur untuk menentukan jumlah,” katanya.

Bantuan tersebut diharapkan bisa segera disalurkan agar bisa dipakai untuk stimulan membangun kembali rumah yang rusak. Jokowi mengaku bahwa bantuan untuk korban meninggal sudah langsung diberikan semuanya. Demikian juga untuk korban yang masih dirawat di Rumah Sakit. Menurut dia, yang di RS sudah tertangani semua.

“Yang patah sudah dioperasi, di pen semuanya. Hari ini tadi dokter menyampaikan akan selesai semuanya,” katanya.

“Kemudian ketiga yang berkaitan dengan kerusakan, baik gedung sekolah, ada pesantren, kantor, masjid itu yang nanti ditangani oleh Kementerian PUPR, kemudian yang sekolah ditangani oleh Kemendikbud. Saya minta langsung ini dikerjakan,” katanya.

Menurut dia, untuk sekolah yang rusak berat selama proses pembangunan, untuk sementara disiapkan tenda untuk anak-anak. Ia menyebutkan untuk pembangunan masjid, Kementerian PUPR masuk tapi tetap melibatkan masyarakat untuk bergotong royong.

Baca Juga : Gara-gara Typo, Sandiaga Justru Ucapkan Selamat Hari Korupsi

“Saya kira pembagian dan organisasi lapangannya sudah baik lah,” katanya.

(bimbim – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Video Ceramah Habib Rizieq Yang Menyebut Rizal Ramli Dipecat Karena Ahok Beredar

Video Ceramah Habib Rizieq Yang Menyebut Rizal Ramli Dipecat Karena Ahok Beredar

Jakarta – Peristiwa mengenai lengsernya Rizal Ramli dari kabinet Jokowi-JK beberapa waktu lalu ternyata juga ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis