Home > Ragam Berita > Nasional > Polisi Ciduk Hatta Taliwang lantaran Diduga Tersangkut Makar

Polisi Ciduk Hatta Taliwang lantaran Diduga Tersangkut Makar

Jakarta – Polri kembali menciduk seorang aktivis. Sebab, dia diduga tersangkut kasus makar. Terduga tersebut adalah Direktur Institute Soekarno-Hatta Hatta Taliwang.

Polisi Ciduk Hatta Taliwang lantaran Diduga Tersangkut Makar

“Pada pukul 02.00 WIB dini hari tadi telah ditetapkan untuk dilakukan penahanan kepada yang bersangkutan,” kata Kepala Bagian Penerangan Umum Mabes Polri Kombes Pol Martinus Sitompul saat konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (9/12/2016).

Ia menjelaskan, penahanan ini adalah pilihan bagi penyidik karena memandang tersangka bisa melarikan diri, bisa mengulangi perbuatannya atau menghilangkan barang bukti.

“Dan tentu ini penilaian ini sangat subjektif berdasarkan penilaian sendiri oleh penyidik. Penyidik dengan beberapa tim yang melakukan upaya penegakan hukum memproses ini memandang perlu untuk dilakukan penahanan,” tuturnya.

Selain itu, kata dia, dalam masa-masa penahanan, tersangka lebih mudah diperiksa saat ada pemeriksaan-pemeriksaan tambahan.

“Jadi, sekali lagi terhadap tersangka atas nama Hatta Taliwang telah ditetapkan untuk dilakukan penahanan,” ucap Martinus.

Hatta ditangkap Kamis (8/12/2016) pukul 01.00 WIB di rumah susun di daerah Bendungan Hilir Jakarta Pusat dalam kaitannya melanggar Pasal 28 ayat (2) juncto Pasal 45 ayat (2) Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Martinus menjelaskan bahwa penangkapan Hatta Taliwang juga terkait dengan 11 orang yang ditelah ditangkap sebelumnya pada Jumat dini hari 2 Desember silam dalam kaitan dengan dugaan makar. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Dituding Halang-halangi Proses Penyidikan, KPK Bakal Usut Pengacara Setya Novanto

Dituding Halang-halangi Proses Penyidikan, Pengacara Setya Novanto Bakal Diusut KPK

Jakarta – Sepertinya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal menindaklanjuti dengan serius terkait dengan banyaknya laporan ...