Jakarta – Rasa cemburu kerap kali dibilang sebagai tanda cinta atau sayang. Namun, cemburu yang berlebihan justru bisa merusak sebuah hubungan.

Inilah 3 Penyebab Rasa Cemburu

Cemburu adalah salah satu faktor terbesar pemicu keretakan sebuah jalinan cinta. Anda harus mengetahui apa saja penyebab cemburu yang sebenarnya, serta bagaimana cara mengatasinya.

Berikut tiga penyebab rasa cemburu seperti dilansir dari metrotvnews.com, Sabtu (10/12/2016):

1. Merasa tidak aman

Sadar atau tidak, rasa cemburu datang karena Anda merasa tak aman. Kekhawatiran bahwa Anda tak pantas untuk si dia, atau si dia akan berselingkuh memicu rasa cemburu.

2. Masih terjebak masa lalu

Bayang-bayang masa lalu yang pernah membuat Anda kecewa seringkali menjadi faktor pemicu cemburu. Misalnya, di dia pernah berselingkuh.

Ketika Anda sudah mengambil keputusan untuk memaafkannya, maka risiko Anda untuk kembali mempercayai janjinya meski kemungkinan terburuk dia akan mengkhianati Anda akan selalu ada.

3. Anda posesif

Rasa cemburu terkadang justru datang dari diri sendiri. Anda mudah cemburu saat dia menghabiskan waktu bersama teman atau keluarga, bukan dengan Anda. Ini membuat Anda sering marah, cemburu dan terjadilah pertengkaran.

Baca juga: Rasa cemburu kerap kali dibilang sebagai tanda cinta atau sayang. Namun, cemburu yang berlebihan justru bisa merusak sebuah hubungan.

Sikap ini bukanlah sikap yang baik. Sadarlah bahwa hidupnya tak hanya berkaitan dengan Anda seorang. Memberi keleluasaan akan membuat si dia kagum dengan Anda. Untuk Anda yang posesif, cobalah perbanyak kegiatan positif dan jangan terlalu bergantung pada pasangan. (Yayan – harianindo.com)