Home > Gaya Hidup > Tips > 4 Tips Mengatasi Stres Akhir Tahun

4 Tips Mengatasi Stres Akhir Tahun

Jakarta – Tak terasa kita sudah berada di penghujung tahun 2016. Sebagian orang merasakan akhir tahun menjadi momok karena harus menyelesaikan target yang sudah dicanangkan dari awal tahun. Belum lagi atasan di kantor yang terus mengingatkan agar target tahun ini cepat diselesaikan. Tak heran rasa lelah dan stres pun melanda.

4 Tips Mengatasi Stres Akhir Tahun

Terlebih jika Anda belum juga berhasil menuntaskan target yang harus diwujudkan tahun ini. Lelahnya seperti terus berlari karena dikejar–kejar yang tidak tahu kapan bisa berhenti.

Berikut tips-tips mengatasi stres akhir tahun seperti dilansir dari liputan6.com, Minggu (11/12/2016:

Selesaikan Hal yang Diprioritaskan Terlebih Dahulu

Sebetulnya harus dihindari untuk menumpuk semua pekerjaan yang akan dilakukan di menit–menit terakhir. Melihat semua tumpukan pekerjaan yang harus diselesaikan belum lagi banyak target yang belum tercapai bisa menbuat Anda stres. Jika pekerjaan sudah terlanjur menumpuk sementara tahun akan segera berganti apa yang harus dilakukan? Sebuah keajaiban jika bisa menyelesaikannya sebelum tahun berganti. Jika dirasa tidak dapat menyelesaikan semuanya, ada baiknya menyelesaikan terlebih dahulu pekerjaan yang ada di prioritas pertama. Bisa jadi ada beberapa pekerjaan yang pencapaiannya masih bisa dijadwalkan untuk tahun depan.

Ubah Pola Pikir

Bisa jadi stres yang Anda hadapi berkaitan dengan buruknya hubungan dengan rekan kerja di kantor. Padahal ada banyak pekerjaan yang bisa terselesaikan jika dikerjakan oleh tim yang solid. Ketimbang mengeluhkan suasana di kantor yang tidak mendukung untuk bekerja, ada baik mengubah mindset ke arah positif. Bagaimana meningkatkan kinerja di kantor dan bagaimana meraih pencapaian yang lebih baik, salah satunya adalah mengajak rekan di kantor bekerja sama. Mengubah mindset untuk fokus pada cara mengatasi masalah akan mengarahkan pada penerapan emosi positif. Di antaranya mengajak teman bergabung dalam satu tim. Langkah awalnya bisa dimulai dengan senyuman.

Olah Napas untuk Mengatasi Stres

Stres sangat mengganggu saat harus menyelesaikan banyak hal. Sayangnya tak ada kamus untuk menyerah dan putus asa atau berhenti dan tidak mengerjakan sama sekali semua kewajiban yang harus diselesaikan. Anda pastinya tetap ingin menjadi pribadi yang profesional dan bertanggung jawab. Mempraktekkan olah napas sangat membantu agar bisa lebih tenang dari stres. Napas yang diolah secara teratur akan meringankan beban pikiran dan rasa sesak di dada akibat tekanan untuk segera menuntaskan target akhir tahun.

Baca juga: Inilah 3 Penyebab Rasa Cemburu

Meluangkan Waktu Untuk Sendiri

Suasana kantor yang sibuk dengan pekerjaan akhir tahun ditambah lagi bayangan liburan yang memenuhi ruang otak mungkin membuat Anda kehabisan ruang untuk berpikir jernih. Ada baiknya luangkan waktu untuk menikmati kesendirian demi menjernihkan kembali pikiran dan mengembalikan semangat. Mungkin perlu untuk pergi ke ruang rapat yang kosong demi rehat sejenak, atau pergi ke taman luar sendirian agar bisa membebaskan diri dari riuhnya suasana kantor. Mendengarkan alunan musik yang menenangkan atau mendengarkan merdunya kicau burung di taman yang sepi, diharapkan bisa mengembalikan kejernihan pikiran, menghilangkan stres, dan kembali bersemangat untuk menuntaskan target akhir tahun. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Kenali Beberapa Ciri-Ciri Terkena Depresi

Kenali Beberapa Ciri-Ciri Terkena Depresi

Jakarta – Seringkali kamu mendengar kata depresi. Sayangnya tidak semua orang paham dengan gejala seseorang ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis