Home > Ragam Berita > Nasional > Pengamat Terorisme : Aksi Teror Kerap Terjadi lantaran Gerakan-Gerakan Agama Transnasional

Pengamat Terorisme : Aksi Teror Kerap Terjadi lantaran Gerakan-Gerakan Agama Transnasional

Jakarta – Aksi teror hingga kini masih kerap terjadi di tanah air. Tampaknya, terorisme sudah bekembang dan tumbuh subur di Indonesia. Buktinya, muncul kelompok-kelompok, baik baru maupun lama, dalam melaksanakan aksi tersebut.

Pengamat Terorisme : Aksi Teror Kerap Terjadi lantaran Gerakan-Gerakan Agama Transnasional

Pengamat terorisme, Al Chaidar, menjelaskan aksi teror yang tak kunjung usai itu disebabkan berbagai faktor yang membuat kelompok dan jaringan terorisme masih tumbuh subur di Indonesia.

“Secara teologis, terorisme tumbuh subur karena gerakan-gerakan agama transnasional sangat piawai dalam menafsirkan ayat-ayat suci dan hadis,” ungkapnya kepada Okezone, Selasa (13/12/2016).

Sebagaimana diketahui, pada Desember 2015 ada kelompok Arif Hidayatullah yang telah ditangkap di Bekasi, kemudian serangan bom Thamrin, disusul serang Mapolresta Solo, dan laboratorium bom di Majalengka. Terakhir, penangkapan kelompok Bahrun Naim yang hendak meledakkan bom di depan Istana Negara, lalu diungkapnya gudang bom di Bekasi.

Sejumlah pengungkapan tersebut semakin menambah daftar panjang aksi teror di Indonesia. Selain faktor pemahaman teologi, secara politik Indonesia dinilai masih akan terus menjadi sasaran aksi teror karena menganut pola sekulerisme.

Al Chaidar berharap pemerintah segera mencari solusi menghadapi serangkaian aksi teror yang diprediksi masih akan terus berlangsung di Tanah Air.

“Hukum harus diperkuat, karena kita lemah dan diskriminatif dalam menghukum teroris,” jelasnya. (Tita Yanuantari – hariaindo.com)

x

Check Also

Penampakan Bajaj Roda 4 Yang Mulai Beroperasi di DKI

Penampakan Bajaj Roda 4 Yang Mulai Beroperasi di DKI

Jakarta – Ternyata, Pemerintah Ibukota DKI Jakarta telah memberi sinyal yang baik terhadap Bajaj beroda ...