Home > Teknologi > Sains > Wow, Roket Pembersih Ruang Angkasa Milik Jepang Telah Diluncurkan

Wow, Roket Pembersih Ruang Angkasa Milik Jepang Telah Diluncurkan

Tokyo – Luar angkasa memang berisi berbagai misteri. Namun, di sana, ada ratusan juta keping sampah. Untuk membersihkannya, Jepang dikabarkan telah merilis roket pembersih.

Wow, Roket Pembersih Ruang Angkasa Milik Jepang Telah Diluncurkan

Roket itu bernama Kounotori atau diterjemahkan menjadi Bangau dalam bahasa Indonesia. Kounotori berhasil diluncurkan ke Stasiun Ruang Angkasa Internasional dari pulau selatan Tanegashima pada Jumat (9/12/2016) pukul 10.30 waktu setempat.

Sebagaimana diberitakan Daily Mail pada Senin (12/12/2016), roket milik Jepang tersebut bertugas untuk membersihkan sampah-sampah yang mengapung di ruang angkasa. Untuk menyapu sampah, roket ini menggunakan jaringan khusus.

Alat yang digunakan dalam jaring itu disebut tether electrondynamic yang terbuat dari kawat stainless dan aluminium. Salah satu ujung strip akan menjaring puing-puing yang tersebar di ruang angkasa.

“Panjang tether saat ini adalah 700 meter. Namun diperkirakan akan membutuhkan sekira 5.000 hingga 10.000 meter untuk membersihkan sampah yang lebih banyak,” ungkap insinyur Katsuya Suzuki.

Jaring yang terdapat pada roket Kounotori merupakan proyek kerjasama antara Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA) dengan sebuah perusahaan produsen jala, Nitto Seimo.

Selain memiliki jaring untuk membersihkan ruang angkasa, roket Kounotori juga membawa perbekalan ke Stasiun Ruang Angkasa Internasional seperti 5 ton makanan, air dan perlengkapan lainnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Ini Dia Catatan Albert Einstein Tentang Hidup Bahagia Yang Laku Terjual Rp 21,1 Miliar

Ini Dia Catatan Albert Einstein Tentang Hidup Bahagia Yang Laku Terjual Rp 21,1 Miliar

Yerusalem – Nama besar ilmuwan Albert Eistein memang tidak asing di telinga seluruh masyarakat dunia, ...