Aleppo – Pengosongan Aleppo timur, yang dikuasai pemberontak, ditunda pada Rabu tanpa alasan jelas. Hal ini kemudian menghambat perwujudan kesepakatan untuk memulihkan kendali pemerintah di wilayah tersebut.

Pengungsian Aleppo Tertunda Tanpa Alasan Jelas

Hal itu disampaikan oleh Direktur Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia Rami Abdulrahman. Menurut dia, yang mengatakan, kelompok pertama, yang diungsikan sesungguhnya direncanakan untuk berangkat pada pukul 05.00 waktu setempat, namun hingga satu jam kemudian tidak ada yang diberangkatkan.

Sebagaimana diberitakan Reuters pada Jumat (16/12/2016), tidak ada satu pun bus mengungsikan warga bergerak ke bagian timur kota Aleppo hingga pukul 06.15.

Baca juga: Aleppo Timur Bergejolak, PBB Siap Bantu Pengungsi

Sejumlah narasumber pada Selasa telah diberikan perkiraan waktu pengungsian yang berbeda. Pihak oposisi mengatakan mereka memperkirakan kelompok pertama, yang berisi warga terluka, untuk meninggalkan tempat itu pada Selasa sore.

Seorang pejabat militer dalam aliansi yang mendukung Presiden Suriah Bashar al-Assad mengatakan pengungsian dijadwalkan dimulai pada pukul 05.00 pagi waktu setempat. (Tita Yanuantari – harianindo.com)