Home > Ragam Berita > Internasional > Konflik Laut Cina Selatan Memanas, Beijing Siapkan Senjata Antipesawat

Konflik Laut Cina Selatan Memanas, Beijing Siapkan Senjata Antipesawat

Beijing – Tiongkok berjanji tidak melakukan militerisasi di pulau-pulaunya yang terletak di rute perdagangan strategis. Namun, citra satelit yang diambil pada Rabu (14/12/2016) justru menunjukkan sebaliknya. Senjata antipesawat dan beberapa benteng pertahanan telah dipasang di tujuh pulau buatan Cina yang dibangun di Laut Cina Selatan.

Konflik Laut Cina Selatan Memanas, Beijing Siapkan Senjata Antipesawat

Lembaga Asia Maritime Transparency Initiative (AMTI) di Pusat Studi Strategis dan Internasional mengatakan pihaknya telah melacak adanya pembangunan di atas karang Api Cross, Mischief, dan Subi yang terletak di Kepulauan Spratly sejak musim panas.

“Sekarang tampak bahwa struktur ini merupakan evolusi dari benteng pertahanan yang sudah dibangun pada fasilitas lebih kecil Cina di Gaven, Hughes, Johnson, dan terumbu Cuarteron,” kata pihak AMTI mengutip gambar yang diambil pada bulan November.

Struktur pulau buatan itu, tambahnya, telah melalui evolusi pada basisnya yang jauh-lebih besar di atas karang Cross Fire, Subi, dan Mischief.

Baca juga: Caplok Semenanjung Krimea, Rusia Terkena Pepanjangan Sanksi dari EU

Pihak AMTI itu menyatakan, muncul radar target yang telah diinstal pada karang Cross Fire, bersamaan dengan sistem pertahanan serupa yang terlihat pada terumbu karang lainnya.

Menurut Direktur AMTI Greg Poling, sebagaimana diberitakan International Business Times pada Kamis (15/12/2016), mengatakan bahwa timnya menghabiskan waktu berbulan-bulan mencoba untuk memastikan struktur yang ditangkap lewat citra satelit itu.

“Kita bisa melihat bahwa ini adalah landasan untuk senjata anti-pesawat. Jika laras pistol cukup panjang sehingga dapat dilihat dari luar angkasa, maka itu cukup besar,” kata Poling. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Usai Bertemu Putin di Jerman, Donald Trump Hentikan Program Rahasia CIA di Suriah

Usai Bertemu Putin di Jerman, Donald Trump Hentikan Program Rahasia CIA di Suriah

Jakarta – Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, kabarnya telah menghentikan program rahasia Badan Intelijen Pusat ...