Home > Ragam Berita > Nasional > Bambang Soesatyo Minta Polisi Tak Sembarangan Panggil Anggota DPR

Bambang Soesatyo Minta Polisi Tak Sembarangan Panggil Anggota DPR

Jakarta – Bambang Soesatyo selaku Ketua Komisi III DPR mendesak Kepolisian RI untuk mematuhi aturan dan tata cara pemanggilan anggota DPR yang diatur dalam konstitusi.

Bambang Soesatyo Minta Polisi Tak Sembarangan Panggil Anggota DPR

Sebelumnya, Kepolisian telah memanggil anggota Komisi X DPR, Eko Purnomo alias Eko Patrio, untuk menjelaskan maksud pernyataannya yang menyebut pengungkapan jaringan teroris Bekasi adalah pengalihan isu.

“Saya setuju dan mendukung pendapat kepala Kepolisian Indonesia bahwa anggota DPR itu harus berbicara berdasarkan data dan fakta. Namun pemanggilan anggota DPR itu ada tata caranya sebagaimana diatur dalam UU,” kata Soesatyo, Jumat (16/12/2016).

Soesatyo mengingatkan Kepolisian Indonesia harus menghargai posisi DPR sebagaimana diatur dalam UU Nomor 17/2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD.

Pada peraturan tersebut dijelaskan, jika ada anggota DPR diduga melanggar aturan, maka ada Mahkamah Kehormatan Dewan yang akan menindak yang bersangkutan, sesuai tingkat kesalahan. Selain itu pemanggilan anggota DPR harus dengan seizin presiden.

Baca juga: Suami Mantan Bintang Panas Era 90-an Berurusan Dengan KPK

Bahkan, doromya menambahkan, Komisi III DPR selaku pengawas di sektor hukum, juga tidak bisa sembarang memanggil pejabat Kepolisian Indonesia untuk dimintai keterangan dalam sidang komisi di DPR. Meski DPR memiliki kewenangan atau hak pengawasan, hak anggaran dan hak membuat atau mengubah UU, namun tetap harus menghargai institusi Kepolisian Indonesia. (Yayan – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Ahok Gunakan Dana Operasional Untuk Bantu Warga, Bagaimana Dengan Plt Gubernur DKI ?

Ahok Gunakan Dana Operasional Untuk Bantu Warga, Bagaimana Dengan Plt Gubernur DKI ?

Jakarta – Kandidat Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) selalu membanggakan transparansi di Pemprov ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis