Home > Ragam Berita > Nasional > PKS Berikan Tanggapan Fatwa MUI Terkait Atribut Natal

PKS Berikan Tanggapan Fatwa MUI Terkait Atribut Natal

Jakarta – Seiring dengan banyaknya perusahaan di Indonesia yang mengharuskan para karyawannya untuk menggunakan atribut keagamaan non-muslim, khususnya jelang Perayaan Natal dan Tahun Baru, Lantas Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa yang mengharamkan seorang muslim menggunakan atribut tersebut.

PKS Berikan Tanggapan Fatwa MUI Terkait Atribut Natal

Meski demikian, Fatwa MUI tersebut dinilai oleh Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini, secara esensi justru memperkuat toleransi dan menjaga kerukunan antar umat beragama. Jazuli mengatakan bahwa keputusan tersebut juga merupakan bukti sikap penghormatan terhadap perbedaan keyakinan beragama yang ada di Indonesia.

“Prinsipnya tidak boleh ada pemaksaan terhadap keyakinan beragama bagi pemeluk agama lain. Karyawan muslim yang tidak mau menggunakan atribut agama lain, tidak boleh dipaksa apalagi terkena sanksi. Demikian juga sebaliknya umat Islam juga tidak akan memaksakan keyakinannya kepada agama lain termasuk dalam hal atribut keagamaan,” jelas Jazuli dalam keterangannya.

Jazuli juga menilai bahwa fatwa tersebut lahir lantaran sudah menjadi tugas MUI untuk memberikan bimbingan kepada umat Islam dalam menjalankan ajaran agama. Salah satu cara MUI dalam memberikan bimbingan tersebut adalah melalui fatwa yang dikeluarkan.

“Jadi, fatwa MUI termasuk fatwa tentang penggunaan atribut agama lain bagi seorang muslim, adalah sudah tepat tugas MUI sebagai bentuk tanggung jawab guna membimbing umat,” katanya.

Baca Juga : Pesawat Hercules Milik TNI Jatuh di Wamena, Seluruh Korban Telah Ditemukan

Jazuli menambahkan bahwa justru dengan adanya pernghormatan dan penghargaan atas keyakinan beragama itulah, yang mengokohkan kerukunan antar umat beragama di Indonesia. Hal tersebut juga dapat menghindarkan dari kesalahpahaman, konflik batin, atau bahkan potensi ketegangan akibat pemaksaan oleh perusahaan untuk menggunakan atribut perayaan agama yang tidak sesuai dengan keyakinan agamanya masing-masing.

(bimbim – harianindo.com)

x

Check Also

Empat Terduga Teroris Ditangkap Densus 88 di Cilegon

Empat Terduga Teroris Ditangkap Densus 88 di Cilegon

Jakarta – Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri kembali menangkap empat terduga teroris di Cilegon, ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis