Home > Ragam Berita > Nasional > JK : Sweeping Jadi Tugas Polisi, Bukan Ormas!

JK : Sweeping Jadi Tugas Polisi, Bukan Ormas!

Jakarta – Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) akhirnya angkat bicara. Hal tersebut dilakukan terkait aksi ormas yang melakukan tindakan sewenang-wenang. Dia menjelaskan, fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) bukan menjadi landasan hukum di Indonesia.

JK : Sweeping Jadi Tugas Polisi, Bukan Ormas!

“Aturan (MUI) itu aturan agama, selalu untuk diri sendiri sehingga penegakan hukumnya dosa dan neraka, bukan sweeping,” tegas JK di Istana Wakil Presiden Jakarta Pusat pada Selasa (20/12/2016).

Pernyataan Wapres tersebut ditegaskan menanggapi aksi ormas Front Pembela Islam (FPI) yang melakukan sweeping atau razia dengan dalih menegakkan fatwa MUI tentang larangan mengenakan atribut Natal.

“Tidak bisa, ormas tidak bisa melakukannya (penegakan hukum), itu fungsi polisi,” katanya.

Orang nomor dua di Republik Indonesia itu menambahkan, ormas harus mengerti bahwa fatwa MUI itu tidak mengikat, bahkan untuk umat Islam karena hubungannya antara pribadi dengan Tuhannya.

“Kalau ada yang melanggar, ya melanggar hukum agama, ada hukumnya, dosa dan neraka,” kata pria asal Bugis, Makassar itu.

Baca juga: Eksepsi Ahok Ditanggapi Jaksa, Kelompok Massa Terbagi Dua

Karena itu, pria berkacamata ini mengimbau agar aparat penegak hukum yang sah, yakni Polri untuk menindak ormas yang melakukan razia sewenang-wenang. Kemarin, Kapolri Jenderal Tito Karnavian melarang aksi sweeping atau razia di berbagai pusat perbelanjaan dan kantor-kantor perusahaan oleh kelompok masyarakat terkait fatwa MUI.

Pernyataan Tito Karnavian itu disampaikan setelah muncul kemarahan publik, terutama melalui media sosial, atas tindakan ormas Front Pembela Islam (FPI) yang melakukan sweeping di pusat-pusat perbelanjaan di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (18/12/2016). (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Video, Jukir Ini Marah Setelah Kepergok Minta Tarif Parkir Lebih Mahal

Video, Jukir Ini Marah Setelah Kepergok Minta Tarif Parkir Lebih Mahal

Jakarta – Guna menjaga keamanan dan mengatur kendaraan bermotor yang terparkir di sejumlah tempat, memang ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis