Home > Ragam Berita > Nasional > Laut Banda di Kepulauan Maluku Digetarkan Gempa 6,6 SR

Laut Banda di Kepulauan Maluku Digetarkan Gempa 6,6 SR

Ambon – Indonesia kembali dilanda gempa. Bencana alam tersebut terjadi di di Laut Banda, Kepulauan Maluku. Untungnya, gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami. Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa tektonik tersebut berkekuatan 6,6 Skala Richter (SR).

Laut Banda di Kepulauan Maluku Digetarkan Gempa 6,6 SR

“Patut disyukuri dengan kedalaman hiposenter di kedalaman menengah ini, hasil modeling tsunami menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Mochammad Riyadi dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Rabu (21/12/2016).

Dia mengungkapkan, pusat gempa terletak pada 7,75 LS dan 128,01 BT, tepatnya di Laut Banda pada jarak 357 km arah barat laut kota Saumlaki dengan kedalaman 173 km. Gempa, kata dia, terjadi pada pukul 07.17 WIB pagi tadi. Hasil analisis info cepat lima menit pertama oleh BMKG menunjukkan gempa bumi berkekuatan 6,6 SR dan setelah dianalisis menjadi 6,5 SR.

Mochammad mengatakan, peta tingkat guncangan BMKG menunjukkan dampak gempa berupa guncangan dirasakan dalam wilayah luas seperti di Kepulauan Tanimbar, Kepulauan Kai Kecil, Pulau Damar, Pulau Moa, Pulau Timor, Pulau Wetar dan Pulau Alor pada skala intensitas II SIG-BMKG atau III MMI.

Baca juga: Polri : Terduga Teroris yang Tewas Adalah Residivis Kasus Pembunuhan

Sementara itu, gempa tersebut dipicu oleh aktivitas subduksi Banda dengan laju sekitar 20 mm/tahun ke arah barat laut di Cekungan Weber bagian selatan. Cekungan laut dalam di Banda ini populer disebut sebagai zona Deep Weber. Pada Selasa kemarin, tepatnya di zona Deep Weber juga terjadi gempa bumi 5,2 SR dan dirasakan di Kepulauan Tanimbar dan Kepualaun Kai Kecil. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Sering Curhat di Medsos, Politisi PDIP Pertanyakan Sikap Kenegarawanan SBY

Sering Curhat di Medsos, Politisi PDIP Pertanyakan Sikap Kenegarawanan SBY

Jakarta – Salah seorang, Politisi asal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Charles Honoris sangat menyayangkan ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis