Home > Gaya Hidup > Tips > Awas, Terlalu Banyak Mengonsumsi Jengkol Bisa Berbahaya

Awas, Terlalu Banyak Mengonsumsi Jengkol Bisa Berbahaya

Jakarta – Jengkol menjadi salah satu makanan khas dari Indonesia. Selain itu, beberapa orang pun ketagihan. Sebab, masakan jengkol sangat nikmat. Namun, terlalu banyak mengonsumsi jengkol berbahaya bagi kesehatan.

Awas, Terlalu Banyak Mengonsumsi Jengkol Bisa Berbahaya

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan US National Library of Medicine National Institutes of Health pada Kamis (22/12/2016), jengkol bisa berdampak pada kesehatan ginjal hingga gagal ginjal akut.

Biasanya, gagal ginjal akut ditandai dengan gejala mual, muntah, nyeri pinggang bilateral, hematuria (darah dalam urin), dan oliguria (urin kurang dari 400 mL/hari). Dilengkapi oleh penelitian lainnya, jengkol mengandung asam amino jengkol yang tidak biasa dan dapat membentuk kristal tajam di saluran kemih. Inilah yang menyebabkan rasa sakit dan hematuria.

Penelitian ini pun diuji coba pada tikus normal tanpa indikasi penyakit. Ternyata konsumsi jengkol bisa memberi toksik pada beberapa organ tertentu. Jengkol dapat menyebabkan hipertrofi dan lesi pada jantung.

Selain itu, berdampak pada buruk pada kinerja ginjal, hari, paru-paru dan pankreas.Tak hanya itu, terlalu banyak konsumsi ginjal juga diasosiasikan pada sakit asam urat akut.

Sebetulnya, konsumsi jengkol yang tak berlebihan mampu menstabilkan gula darah pada tikus percobaan dengan diabetes. Jengkol juga berdampak positif untuk meningkatkan nafsu makan dan juga peningkatan berat badan.

Setelah mengetahui bahaya, mulai sekarang jangan lupa untuk memoderasi konsumsi jengkol. Pasti ada manfaat kesehatan yang bisa Anda rasakan pula. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Inilah Beberapa Makanan yang Dapat Menambah Konsentrasi

Inilah Beberapa Makanan yang Dapat Menambah Konsentrasi

Jakarta – Tubuh yang sering lesu, tidak bergairah, dan kesulitan fokus ternyata memiliki kaitan dengan ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis