Home > Ragam Berita > Internasional > Rodrigo Duterte Cibir Komisaris Tinggi PBB karena Tuduhan Pembunuhan

Rodrigo Duterte Cibir Komisaris Tinggi PBB karena Tuduhan Pembunuhan

Manila – Presiden Filipina, Rodrigo Duterte marah dan menyebut seorang pejabat PBB “idiot” dan “badut”. Pernyataan itu disampaikan sebagai tanggapan pernyataan Zeid Ra’ad Al Hussein. Dia adalah Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia, Selasa (20/12), yang mendesak otoritas peradilan Filipina harus menyelidiki Duterte atas kasus pembunuhan.

Rodrigo Duterte Cibir Komisaris Tinggi PBB karena Tuduhan Pembunuhan

“Orang ini [Zeid] badut atau gila,” kata Duterte dalam pidato yang disiarkan televisi pada Kamis (22/12), dan berulang kali memanggilnya “bodoh”, demikian tulis Al Jazeera .

“Anda pejabat PBB, duduk di sana di pantat Anda, kami membayar gaji Anda. Anda idiot, jangan mendikte apa yang harus saya lakukan … Siapa yang memberi Anda hak?”

Dalam pernyataannya pada Selasa lalu, Zeid juga mengatakan penyelidikan harus digelar terkait pemberantasan anti-narkoba yang dilakukan Duterte.

Lebih dari 6.000 orang telah tewas sebagai bagian dari tindakan keras Duterte memerangi narkoba, sepertiga dilakukan polisi dan sisanya masih diselidiki.

Duterte membantah tudingan itu. Ia mengatakan penembakan yang dilakukan polisi itu untuk membela diri dari para mafia narkoba.

“Silakan tutup mulut karena otak Anda kurang,” katanya kepada Zeid. “Kembali ke sekolah. Anda PBB tapi tak paham diplomasi. Anda tidak tahu bagaimana harus bersikap menjadi seorang pejabat PBB.

“Anda jangan bicara seperti itu pada saya. Anda bangsat!” tambahnya.

Berkaitan dengan dugaan pelanggaran HAM, Meanhwile, pengawas hak independen Filipina mengatakan pada Kamis akan mendalami pernyataan Duterte yang membanggakan telah membunuh penjahat narkoba pada tahun lalu saat Presiden Filipina itu masih menjabat sebagai Walikota Davao City. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Hillary Nilai Pernyataan Keras Trump Terhdap Korut Sangat Merugikan

Hillary Nilai Pernyataan Keras Trump Terhdap Korut Sangat Merugikan

Washingaton – Hillary Clinton mengatakan komentar keras Presiden AS Donald Trump terhadap Korea Utara (Korut) ...