Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Bayi Anda Demam? Segera Lakukan 4 Hal Ini

Bayi Anda Demam? Segera Lakukan 4 Hal Ini

Jakarta – Setiap orang tua pasti akan merasa cemas ketika bayi demam. Sebab, demam pada bayi bisa berakibat berbahaya bila tak lekas ditangani.

Bayi Anda Demam? Segera Lakukan 4 Hal Ini

Pastikan Anda tidak panik, kemudian lakukan empat langkah ini saat anak terserang demam seperti dilansir dari metrotvnews.com, Sabtu (24/12/2016):

1. Pastikan suhu tubuh bayi

Kini, alat untuk mengukur suhu badan tidak sulit lagi dicari. Sudah banyak apotek yang menjual termometer. Jika anak demam, pertama kali yang harus Anda lakukan adalah mengukur suhu badan dengan termometer. Suhu badan normal berada pada kisaran 36-37 derajat celcius. Seorang bayi dikatakan demam jika suhunya berada di atas 38.

2. Menjaga anak agar tidak dehidrasi

Ketika demam, pastikan anak selalu terhidrasi dengan memberinya ASI atau larutan elektrolit. Suhu tubuh yang tinggi rentan membuat anak dehidrasi.

3. Menjaga kenyamanan anak

Kenyamanan bayi saat demam adalah hal yang paling penting diperhatikan. Jangan memakaikan baju terlalu tebal ditambah jeket atau selimut. Selain itu, pastikan juga menjaga suhu di dalam ruangan pada tingkat normal.

Baca juga: 9 Manfaat Mengejutkan Keju Bagi Kesehatan

4. Konsultasi ke dokter

Selalu bertanya kepada dokter sebelum memberikan bayi obat penurun panas. Hal itu dilakukan agar kita mengetahui jenis dan dosis obat yang tepat.

Dilansir Foxnews, Acetaminophen atau ibuprofen dapat membantu menurunkan suhu tinggi. Namun, memberikan obat aspirin kepada bayi ternyata memiliki kaitan pada sindrom Reye, suatu penyakit yang sangat langka namun serius yang dapat mempengaruhi otak dan hati. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Anda Sedang Diet? Sebaiknya Hindari 10 Makanan Ini

Anda Sedang Diet? Sebaiknya Hindari 10 Makanan Ini

Jakarta – Diet dilakukan dengan membatasi asupan kalori, karbohidrat, dan lemak yang masuk kedalam tubuh ...