Home > Ragam Berita > Nasional > Inilah Penilaian Akom Tentang Media Sosial

Inilah Penilaian Akom Tentang Media Sosial

Jakarta – Bekas Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Ade Komarudin mengingatkan masyarakat berhati-hati menggunakan media sosial. Terutama setelah ada Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik yang baru.

Media sosial bisa menjadi alat untuk dengan instan menjadika orang seperti pahlawan. Namun, medsos juga bisa menjadikan seseorang menjadi pecundang. Pernyataan tersebut ditegaskan Politikus Golkar tersebut.

”Media sosial itu kan dunia maya, tapi sekarang orang banyak terbius dengan dunia itu. Yang mau saya katakan dunia maya ini harus diwaspadai,” kata Ade pada Minggu (25/12/2016).

Politikus yang karib disapa Akom itu menambahkan, dunia maya bisa digunakan secara efektif membangun negara menjadi lebih baik.

Tapi, sambung dia, medsos juga bisa menghancurkan negara. Menurut Akom, setelah melalui pembahasan yang panjang antara eksekutif.

Dia mengatakan, terlepas dari kelemahan yang ada di UU itu, minimal sudah ada tatakan menegakkan, mengatur dan menertibkan dunia maya. Hanya saja, Akom menambahkan, belum semua masyarakat mengetahui ketentuan yang diatur dalam UU ITE itu.

Karenanya, Akom mendorong pemerintah melakukan sosialisasi terus menerus supaya masyarakat bisa memahami UU ITE. Sebab, kata dia, banyak orang celaka karena kejahilan tangan dan otak saat mem-posting di media sosial.

Padahal, kebanyakan dari mereka tidak tahu dampak mem-posting sesuatu sehingga berujung dengan pelanggaran hukum.

”Memang dalam negara hukum semua warga negara dianggap mengerti hukum. Tapi, tetap diperlukan sosialisasi supaya semua tahu hak dan kewajiban sebagai netizen,” katanya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Inikah 3 Sosok Yang Berpeluang Dampingi Jokowi di Pilpres 2019 ?

Inikah 3 Sosok Yang Berpeluang Dampingi Jokowi di Pilpres 2019 ?

Jakarta – Komunitas Projo atau yang lebih akrab disebut Pro Jokowi, kali mengumpulkan beberapa nama ...