Home > Ragam Berita > Nasional > Gempa Berkekuatan 3,7 Skala Richer Mengguncang Bima

Gempa Berkekuatan 3,7 Skala Richer Mengguncang Bima

Jakarta – Kabar duka kembali datang dari Bima, Nusa Tenggara Barat. Wilayah Bima dan sekitarnya digoncangkan gempa bumi tektonik. Berdasar analisis Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut berlangsung pada Minggu (25/12/2016) pukul 13.23 WIB. Gempa tersebut berkekuatan 3,7 Skala Richter (SR).

Gempa Berkekuatan 3,7 Skala Richer Mengguncang Bima

”Episenter terletak pada koordinat 8.28 LS dan 119.04 BT, tepatnya di laut pada jarak 40 km arah timur laut Kota Bima pada kedalaman 10 km,” ujar Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono.

Dikatakan Daryono, peta tingkat guncangan BMKG menunjukkan dampak gempabumi berupa guncangan dirasakan di daerah Bima, Raba, Nanganae, Tololalai, Wara, Toronaru, Nggaronangga, dan Buncu pada skala intensitas II SIG BMKG atau (III MMI). Di daerah ini guncangan gempabumi dirasakan oleh orang banyak.

”Ditinjau dari kekuatannya gempabumi ini termasuk gempa kecil yang tidak berpotensi merusak. Menurut laporan, beberapa warga sempat terkejut dan panik terkait gempabumi yang terjadi,” tambahnya.

Baca juga: Terduga Teroris Dirawat di RS Polri Kramat Jati

Daryonomenambahkan, saat ini masih banyak warga kota Bima masih berada di pengungsian akibat banjir. Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempabumi ini merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif di dasar Laut Flores. Terkait dengan peristiwa gempabumi yang baru saja terjadi, hingga laporan ini disusun pada pukul 14.30 WIB hasil monitoring BMKG menunjukkan belum terjadi aktivitas gempabumi susulan.

”Kepada warga masyarakat Bima dan sekitarnya yang bermukim di pesisir pantai dihimbau agar tetap tenang, karena gempabumi yang terjadi ini tidak berpotensi tsunami,” tutupnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Inikah 3 Sosok Yang Berpeluang Dampingi Jokowi di Pilpres 2019 ?

Inikah 3 Sosok Yang Berpeluang Dampingi Jokowi di Pilpres 2019 ?

Jakarta – Komunitas Projo atau yang lebih akrab disebut Pro Jokowi, kali mengumpulkan beberapa nama ...