Home > Otomotif > Motor > Anda Pengguna Motor Injeksi? Perhatikan Indikator Ini Saat Mulai Nyalakan Mesin

Anda Pengguna Motor Injeksi? Perhatikan Indikator Ini Saat Mulai Nyalakan Mesin

Jakarta – Bagi sebagian besar pengguna motor, menghidupkan mesin merupakan perkara mudah. Tinggal memasukkan kunci kontak, memutarnya ke tanda “ON”, lantas menekan tombol starter.

Anda Pengguna Motor Injeksi? Perhatikan Indikator Ini Saat Mulai Nyalakan Mesin

Namun khusus bagi pengguna motor injeksi, harus diperhatikan lampu pada indikator instrumen. Ada lampu yang menyala dan kemudian mati saat mesin dihidupkan, namun ada pula lampu yang baru mati bila mesin dimatikan.

Menurut Misan, mekanik senior Adolina Motor Sport di Kukusan, Depok, Jawa Barat, lampu indikator berfungsi untuk memberikan informasi apakah komponen motor sedang dalam kondisi baik atau tidak.

Untuk pengguna motor injeksi, lebih baik menunggu sebentar sambil melihat tanda-tanda dari lampu indikator sebelum menyalakan mesin motor.

“(Menunggu lampu indikator mati) untuk membaca semua fungsi berjalan,” ujar Misan.

Bila lampu indikator tetap menyala dan berkedip-kedip, maka dapat dipastikan bahwa ada yang tidak beres dengan komponennya. Lama kedipan lampu indikator juga menandakan kerusakan komponen yang berbeda.

“Kalau ada yang rusak, biasanya lampunya kedip-kedip. Tergantung durasi. Itu menandakan sesuatu yang rusak. Tapi durasi itu tergantung modelnya juga. Beda-beda menandakannya,” tambah Misan.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Awas, Kecurangan Yang Biasa Dilakukan Pedagang Motor Bekas

Awas, Kecurangan Yang Biasa Dilakukan Pedagang Motor Bekas

Bekasi – Sudah menjadi rahasia umum apabila risiko dalam membeli motor second tentunya kondisi motor ...