Home > Ragam Berita > Nasional > Disdukcapil Kota Bandung Bakal Berikan Akta Khusus Penyandang Tunanetra

Disdukcapil Kota Bandung Bakal Berikan Akta Khusus Penyandang Tunanetra

Jakarta – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandung meluncurkan Akta Kelahiran Braille untuk kaum tunanetra. Akta tersebut merupakan yang pertama kali diluncurkan di Indonesia.

Disdukcapil Kota Bandung Bakal Berikan Akta Khusus Penyandang Tunanetra

Kadisdukcapil Kota Bandung Popong W. Nuraini mengatakan, tujuan pembuatan Akta Kelahiran Braille untuk memudahkan kaum tuna netra dalam berbagai keperluan terkait penggunaan akta kelahiran. Awal pembuatan kartu ini sendiri dari obrolan, yang terpikir orang yang tidak bisa membaca walaupun punya akta kelahiran.

”Akta kelahiran ini kami buat dengan standar nasional dengan didampingi dengan tulisan braille,” kata Popong kepada wartawan di Balai Kota Bandung Rabu (28/12/2016).

Popong mengungkapkan, pembuatan Akta Kelahiran Braille ini telah memiliki izin Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri. Bahkan saat itu langsung mendapatkan apresiasi dari pemerintah pusat.

Menurutnya, pihaknya juga telah menyiapkan sarana dan prasarana pencetakan Akta Kelahiran Braille mulai dari mesin braille hingga kertas untuk mencetak. Menurut data yang didapat, ada 400 orang tuna netra di Kota Bandung.

Baca juga: Kadisnakertrans : Gaji Buruh WNA Tidak Sebanding dengan di Negara Asal

”Untuk mengoreksi penulisan, kita akan berkoordinasi dengan Yayasan Wyataguna. Lama pembuatannya sendiri memakan waktu sekitar delapan hari kerja,” jelas Popong.

Sementara itu, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil berharap, Akta Kelahiran Braille ini dapat membantu kaum tuna netra. Sehingga warga tuna netra bisa mendapatlan pelayanan yang lebih baik dengan adanya dokumen yang sesuai dengan dunianya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Jokowi Berharap Film G30SPKI Kembali Dibuat dengan Versi Anyar

Jokowi Berharap Film G30SPKI Kembali Dibuat dengan Versi Anyar

Jakarta – Presiden Joko Widodo menanggapi ajakan nonton bareng pemutaran film Gerakan 30 September Partai ...