Home > Ragam Berita > Nasional > Punya Potensi Besar, Impor Bawang Putih Bakal Dihentikan

Punya Potensi Besar, Impor Bawang Putih Bakal Dihentikan

Jakarta – Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman bakal mengambil kebijakan tegas. Pihaknya siap menghentikan impor bawang putih.

Punya Potensi Besar, Impor Bawang Putih Bakal Dihentikan

Hal itu dilakukan lantaran Indonesia sejatinya memiliki potensi yang besar untuk mencukupi kebutuhannya dalam negeri. Misalnya, di kawasan Solok, Sumatera Barat. Amran menilai daerah ini cocok dijadikan sentra tanaman bawang putih.

“Kalau bisa produksi bawang putih, stop impor. Kayak bawang merah sudah tidak impor. Bawang putih ini bikin saya kesal dengarnya.

Negara sebesar Indonesia tapi bawang putih impor,” ungkap Amran saat panen raya bawang merah di Nagari Rimbo Data, Kecamatan Lembah Gumanti, Solok, Rabu (28/12/2016).

Dia menjelaskan, saat ini, dari total kebutuhan bawang putih setahun sebesar 400.000 ton sebanyak 95 persen dipasok dari impor. Selain itu, lahan subur di dataran tinggi dengan cuaca yang sejuk seharusnya bisa mendorong Indonesia menyetop impor bawang putih.

Baca juga: Disdukcapil Kota Bandung Bakal Berikan Akta Khusus Penyandang Tunanetra

Menurut Amran, petani di beberapa negara maju umumnya memiliki etos kerja luar biasa. Maka dari itu, kondisi tersebut menjadi salah satu majunya sektor pertanian.

“Apa yang bedakan orang sini dan luar, rajinnya. Banyak di Indonesia jam sembilan pagi masih merokok, lebih sibuk mikir politik siapa yang salah siapa yang menang. Ibu-ibunya pada gosip,” katanya.

“Solok ini cocok untuk dikembangkan bawang putih, biar tak ada lagi impor seperti bawang merah. Sekarang bawang merah sudah mulai ekspor,” kata Amran. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Gatot Nurmantyo Tampik Isu Bakal Maju Dalam Pilpres 2019

Gatot Nurmantyo Tampik Isu Bakal Maju Dalam Pilpres 2019

Jakarta – Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo sering dikabarkan akan maju dalam bursa calon Presiden ...