Home > Ragam Berita > Nasional > Menaker : “Saya Tidak Pernah Bilang Tidak Ada TKA Ilegal”

Menaker : “Saya Tidak Pernah Bilang Tidak Ada TKA Ilegal”

Jakarta – Rumor terkait banyaknya keberadaan Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China masuk ke Indonesia cukup meresahkan masyarakat. Walau diakui TKA ilegal itu masih ada, namun isu TKA China itu dinilai politis.

Menaker : "Saya Tidak Pernah Bilang Tidak Ada TKA Ilegal"

“Saya tidak pernah bilang tidak ada TKA China. Saya juga tidak pernah bilang tidak ada TKA ilegal. Tapi saya menolak istilah yang digunakan untuk framing isu TKA China. Misalnya istilah serbuan, banjir, serangan, kepungan dan semacamnya yang jelas melebih-lebihkan dan membesar-besarkan. Padahal faktanya nggak begitu. Jelas terlihat framing politiknya,” ujar Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Hanif Dhakiri saat berbincang, Jumat (23/12/2016).

Hanif kemudian mengungkapkan data TKA secara nasional dalam lima tahun terakhir. Tahun 2011 total TKA dari semua negara adalah 77.307. Tahun 2012 sebesar 72.427. Tahun 2013 sebanyak 68.957. Tahun 2014 sebesar 68.762. Tahun 2015 sebanyak 69.025. Dan sampai akhir 2016 ini sebesar 74.183 orang.

Baca juga: Video, Emosi Menteri Hanif Meledak Saat TKA Ilegal Berusaha Ngeyel

“Jadi, data 2016 bukanlah angka terbesar dalam lima tahun terakhir. Makanya saya katakan, rerata nasional TKA kita sekitar 70-an ribu setiap tahun. Ada yang masuk, ada yang keluar. Pemerintah memiliki skema pengendalian yang jelas,” tegas sang menteri. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

BEM SI Tuding Aparat Bersikap Represif di Demo 3 Tahun Pemerintahan Jokowi-JK

BEM SI Tuding Aparat Bersikap Represif di Demo 3 Tahun Pemerintahan Jokowi-JK

Jakarta – Aksi demo dalam rangka evaluasi 3 tahun Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, kemarin malam ...