Home > Ragam Berita > Nasional > Pilot Citilink Mabuk, Dirjen Perhubungan Udara Minta Sang Pilot Dibebastugaskan

Pilot Citilink Mabuk, Dirjen Perhubungan Udara Minta Sang Pilot Dibebastugaskan

Jakarta – Terkait peristiwa pilot pesawat Citilink dengan nomor penerbangan QG800 rute Jakarta – Surabaya yang terlihat mabuk dan berbicara melantur, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Suprasetyo memberikan surat teguran kepada Direktur Utama PT Citilink Indonesia Albert Burhan.

Pilot Citilink Mabuk, Dirjen Perhubungan Udara Minta Sang Pilot Dibebastugaskan

Surat peringatan tersebut juga sekaligus meminta klarifikasi dari pihak manajemen Citilink soal tidak dilakukannya prosedur standar terhadap pilot yang akan menerbangkan pesawat.

“Kami mendapati sejumlah penyimpangan,” kata Suprasetyo dalam surat peringatan yang dikeluarkan Kamis (29/12/2016).
Suprasetyo menjelaskan, dalam kaitannya dengan pilot Citilink yang diduga mabuk, pihak manajemen tidak melakukan pengecekan kesehatan sebelum terbang sesuai dengan Civil Aviation Safety Regulation (CASR) 121.535 (a) dan (b). Selain itu, tidak dilaksanakan briefing kepada PIC sebelum terbang sesuai dengan CASR 121.601.

Ditambah lagi, PIC tidak memenuhi reporting time PT Citilink Indonesia sesuai dengan OM A 7.3.4.1. PIC melakukan passenger announce yang tidak sesuai standar PT Citilink Indonesia sesuai dengan OM A appendix A.5.8.2. Termasuk juga tidak dilaksanakan boarding sesuai dengan prosedur OM A appendix B, yaitu PIC boarding bersamaan dengan penumpang.

Suprasetyo juga meminta PT Citilink Indonesia melakukan investigasi internal dan membebastugaskan pilot yang bersangkutan hingga proses investigasi selesai.
(samsul arifin – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kurangi Angka Kecelakaan, Anies Imbau Pemotor Gunakan Transportasi Massal

Kurangi Angka Kecelakaan, Anies Imbau Pemotor Gunakan Transportasi Massal

Jakarta – Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan berkerja sama dengan relawan dan komunitas ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis