Home > Ragam Berita > Nasional > Jubir KY Tegaskan Perbedaan Pendapat dalam Hukum Jadi Hal Lumrah

Jubir KY Tegaskan Perbedaan Pendapat dalam Hukum Jadi Hal Lumrah

Jakarta – Perbedaan pendapat atau dissenting opinion memang kerap terjadi dalam sidang . Hal tersebut pun tidak luput dalam sidang korupsi. Dua di antara lima hakim pengadilan tindak pidana korupsi pun kerap berbeda pandangan. Namun, hal itu dinilai sebagai hal lumrah.

Jubir KY Tegaskan Perbedaan Pendapat dalam Hukum Jadi Hal Lumrah

Juru Bicara Komisi Yudisial Farid Wajdi

Pandangan itu disampaikan Juru Bicara Komisi Yudisial Farid Wajdi. “Perbedaan pendapat sesuatu yang biasa saja,” ujarnya ditemui usai menghadiri diskusi di bilangan Menteng, Jakarta, Kamis (29/12/2016).

Menurut dia, perbedaan pendapat antarhakim dalam memutus perkara yang ditangani merupakan hal yang wajar dan dibolehkan. “Dalam hukum, dissenting opinion dibenarkan,” tegasnya.

Namun, hakim tentu harus bertanggung jawab pada putusannya. Terutama terhadap publik. Sebab, sejak pengadilan mengeluarkan putusan, itu sudah masuk ke ranah publik.

Baca juga: Polri Berikan Perhatian Khusus Terhadap Masalah Teroris dan Narkoba di 2017

“Pertanggungjawabannya tidak hanya lagi kepada persoalan lembaga peradilan, tapi ranah publik. Publiklah yang pada akhirnya mengadili perbedaan pendapat tersebut,” ucap Farid.

Sementara itu, dia menerangkan bahwa pemeriksaan terhadap putusan pengadilan atau hakim (eksaminasi) bisa saja dilakukan. Itu jikalau ada yang merasa putusan yang dikeluarkan pengadilan atau hakim dirasa tidak adil. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Djarot Menegaskan Ahok Bukanlah Imam, Tapi Pelayan Masyarakat

Djarot Menegaskan Ahok Bukanlah Imam, Tapi Pelayan Masyarakat

Jakarta – Warga Jakarta diminta untuk tidak membeda-bedakan pemimpin berdasarkan suku, ras, agama, dan antar ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis