Home > Gaya Hidup > Kesehatan > 7 Makanan Sehat Bagi Ibu yang Hamil Anak Kembar

7 Makanan Sehat Bagi Ibu yang Hamil Anak Kembar

Jakarta – Kehamilan merupakan hal yang sangat dinantikan. Terlebih jika sang ibu ternyata mengandung bayi kembar.

7 Makanan Sehat Bagi Ibu yang Hamil Anak Kembar

Asupan gizi harus menjadi fokus utama Anda selama kehamilan. Sebab, apapun yang Anda makan, akan memberikan pengaruh bagi janin. Berikut ini jenis-jenis makanan direkomendasikan untuk ibu yang tengah mengandung bayi kembar seperti dilansir dari metrotvnews.com, Jumat (30/12/2016):

1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung banyak nutrisi dan omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung dan otak.

2. Susu

Tak hanya ibu yang mengandung bayi kembar, susu merupakan nutrisi yang dibutuhkan setiap ibu hami. Sebabnya, di dalam susu terkandung berbagai nutrisi seperti protein, kalsium, dan mineral yang dibutuhkan bayi untuk perkembangannya.

3. Yogurt

Produk susu yang satu ini tak hanya mengandung kalsium yang bagus untuk perkembangan tulang dan gigi janin, tetapi juga protein dan probiotik yang membantu agar pencernaan ibu tetap sehat.

4. Ikan

Ikan mengandung banyak nutrisi, termasuk omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung dan perkembangan otak. Namun, seiring banyaknya ikan yang tercemar merkuri, banyak ibu hamil takut makan ikan.

Sebenarnya, ada dua langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi dilema makan ikan.

Pertama, mengonsumsi makanan laut hanya 2 sampai 3 kali dalam seminggu. Usahakan jangan memakan jenis makanan laut yang sama lebih dari 2-3 kali dalam sebulan. Anda dapat memilih makanan laut yang bervariasi seperti udang, kepiting, salmon, scallop, ikan kod, ikan trout, mussel, halibut, dan tuna, tapi hindari memakan variasi yang sama dua kali dalam sebulan.

Kedua, Bagi Anda yang memiliki ponsel pintar, Anda bisa mengunduh Monterey Bay Aquarium, sebuah aplikasi yang dapat Anda gunakan dalam menentukan jenis makanan laut yang Anda makanan. Aplikasi ini akan menyarankan Anda untuk memilih menu makanan seafood dengan kriteria best choice, good alternative, atau avoid. Dalam aplikasi tersebut juga terdapat super green list yang akan membantu Anda dalam memilih makanan laut. Super green list berisi jenis ikan apa saja yang baik untuk dikonsumsi dan tentunya dengan kandungan merkuri yang rendah. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir dalam menikmati makanan laut.

5. Channa

Channa kaya akan kandungan protein yang bagus untuk perkembangan otot

6. Telur

Kandungan nutrisi seperti vitamin, protein dan mineral pada telur sangat bermanfaat adalah nutrisi penting yang dibutuhkan janin dalam kandungan.

Baca juga: Langkah-Langkah Mengatasi Tekanan Darah Rendah

7. Bayam

Sayuran ini kaya akan kandungan zat besi. Sehingga bila Anda yang sedang mengandung bayi kembar mengkonsumsinya, akan membantu perkembangan sel-sel darah merah saat si kembar di dalam perut. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Hindari Aktivitas Berikut Ini bila Mengalami Susah Tidur

Hasil Penelitian, Kurang Tidur Ternyata Berbahaya Bagi Jantung

Jakarta – Tidur merupakan kebutuhan dasar manusia karena pada saat tidur tubuh akan meregenerasi sel-sel ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 409

Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135