Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Inilah Fakta Ilmiah Mengapa Berhubungan Intim itu Baik Bagi Kesehatan

Inilah Fakta Ilmiah Mengapa Berhubungan Intim itu Baik Bagi Kesehatan

Jakarta – Berhubungan seks dengan pasangan yang sah memiliki banyak sekali manfaat terutama bagi kesehatan Anda.

Inilah Fakta Ilmiah Mengapa Berhubungan Intim itu Baik Bagi Kesehatan

Tidak hanya menambah kemesraan dengan pasangan, Anda pun bisa mendapat manfaat-manfaat berikut ini seperti dilansir dari kelascinta.com, Minggu (1/1/2017):

Membakar Kalori
Melakukan seks sama seperti berolahraga. Itu dapat menguatkan otot, meningkatkan denyut jantung dan membuat seluruh tubuhmu bekerja. Studi ilmiah dilakukan oleh Justin Lehmiller, PhD seorang dosen dari Departemen Psikologi Purdue University. Penulis buku The Psychology of Human Sexuality ini menyimpulkan pria dapat membakar 101 kalori per sesi sementara rata-rata wanita membakar 69 kalori per sesinya. Fase foreplay menuju orgasme untuk membakar kalori tersebut umumnya berlangsung selama 25 menit.

Jadi, jika kamu berhubungan seks lebih lama, kamu bisa membakar lebih banyak kalori tubuhmu.

Membantu Cepat Tertidur

Tubuh akan melepaskan hormon relaksasi yang disebut prolaktin setelah kamu mengalami orgasme. Hal itu diungkapkan oleh director of the Sexual Health Promotion Lab dari University of Kentucky. Setelah berhubungan seks tubuhmu merasa lelah. Itu membuatmu lebih cepat mengantuk.

Menurunkan Tekanan Darah dan Peluang Stress

Sebuah studi tentang hal ini dilakukan di Skotlandia tahun 2005. Pasangan yang melakukan aktivitas seksual (hanya hubungan penis-vagina bukan masturbasi atau lainnya) mengalami kenaikan tekanan darah lebih kecil. Peluang pulih dari stres juga lebih cepat. Relawan diminta menyelesaikan tugas rumit, menantang dan beberapa soal matematika yang sulit dalam penelitian itu.

Simpulan dari penelitian itu adalah seks dapat menurunkan tekanan darah dan mengontrol manajemen stres.

Memperkuat Jantung

Melakukan seks secara teratur bermanfaat untuk sistem peredaran darahmu. Pria yang berhubungan seks minimal dua kali seminggu selama 20 tahun lebih kecil peluangnya untuk meninggal karena penyakit jantung. Setelah 10 tahun, mereka yang melakukan seks kurang dari sekali dalam sebulan beresiko mengalami kematian mendadak 50% lebih tinggi.

Temuan Mark – Peneliti Inggris ini memang tidak menunjukkan sebab-akibat. Ia hanya menghubungkan adanya potensi orang-orang yang melakukan seks secara sehat memiliki pola hidup sehat juga. Dia meyakini seks bisa mengatur hormon estrogen dan testosteron sehingga dapat berpengaruh pada sistem tubuh termasuk jantung.

Membantu Mencegah Kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pria yang lebih sering ejakulasi memiliki lebih sedikit berpeluang terkena kanker prostat. Studi Prancis dan Yunani menemukan bahwa wanita berpeluang lebih sedikit terkena kanker payudara jika ia melakukan hubungan seks satu sampai enam kali dalam sebulan.

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Studi tentang hal ini dilakukan oleh peneliti di Wilkes University. Peneliti menggunakan kuisioner tentang kehidupan seks mahasiswa dan uji air liur. Uji air liur digunakan untuk mengetahui kadar imunoglobin A (IgA). IgA adalah antibodi yang membantu tubuhmu melawan virus.

Hasil penelitian itu menunjukkan mereka yang melakukan seks satu atau dua kali dalam seminggu memiliki kadar IgA 30% lebih tinggi. Jadi, aktivitas seks dapat berpengaruh pada peningkatan imunitas tubuhmu.

Baca juga: 6 Kesalahan Ketika Memakai Celana Dalam yang Berpengaruh Pada Kesehatan Anda

Menyembuhkan Penyakit

Jika kamu sering menolak berhubungan seks karena sakit kepala atau apapun, sebaiknya kamu baca poin ini dengan cermat ya. Penelitian tahun 2013 di Jerman menemukan bahwa 60% penderita migrain dan 30% penderita sakit kepala merasa sakitnya sembuh sebagian bahkan total.

Menurut Mark, itu terjadi karena seks dapat meringankan rasa sakit. Hormon endorfin yang dilepaskan membuat aliran darah semakin kencang dan mengalir ke bagian yang dihinggapi rasa sakit. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Telah Ditemukan Obat Baru Yang Mampu Membunuh Sel Kanker Payudara Tanpa Kemoterapi

Telah Ditemukan Obat Baru Yang Mampu Membunuh Sel Kanker Payudara Tanpa Kemoterapi

Jakarta – Kanker payudara memang adalah salah satu penyakit yang paling mematikan selain jantung. Penyakit ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis