Home > Ragam Berita > Nasional > KPK Torehkan Rekor Dalam Pengungkapan Jual Beli Jabatan

KPK Torehkan Rekor Dalam Pengungkapan Jual Beli Jabatan

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membuat rekor untuk kali pertama. Sebagaimana diketahui, lembaga antirasuah tersebut belum lama ini meringkus bupati Klaten, Jawa Tengah. Otomatis, kasus suap jual beli jabatan pun terkuak.

KPK Torehkan Rekor Dalam Pengungkapan Jual Beli Jabatan

Bupati Klaten Sri Hartini saat ditangkap KPK

Kasus suap itu juga menyeret Bupati Klaten Sri Hartini. “Ini kasus pertama yang ditangani KPK yang berhubungan dengan memperdagangkan jabatan,” kata Wakil Ketua KPK Laode M Syarif di kantornya Senin (2/1/2017).

Berdasar informasi yang diperoleh KPK, ada harga tertentu bagi pegawai di Pemkab Klaten yang ingin menduduki posisi-posisi tertentu. Harga masing-masing jabatan bervariasi.

”Eselon empat, tiga dan dua itu bervariasi. Makin tinggi eselon dan strategis jabatan, makin tinggi uang yang disetorkan,” katanya.

Karenanya KPK menganggap praktik itu menjadi prioritas yang harus diperhatikank. Menurut Syarif, kasus di Klaten itu juga sebagai sinyal kepada semua pihak di pemerintahan agar tidak sembarangan menentukan jabatan, terlebih lagi jika harus membayar kepada pimpinan.

”Jika semua orang untuk mendapat jabatan tertentu harus membayar bisa dibayangkan kualitas pekerjaan orang itu,” katanya.

Baca juga: Operasi Lilin di Sabang, Polisi Amankan Empat Dus Petasan

Dia mengatakan, bupati atau siapa pun yang menunjuk orang berdasarkan bayaran akan kehilangan moral authority di mata bawahannya. “Karena hanya berdasarkan bayaran. Ini sangat tidak baik,” tegasnya.
Karenanya Syarif juga meminta masyarakat untuk lebih jeli dan pintar mencari pemimpin. Terlebih sebentar lagi menjelang pilkada.

”Kami mohon masyarakat memilih pemimpin daerah yang capable bukan berdasarkan hubungan-hubungan yang sifatnya longgar,” tutupnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Gerakan Dakwah HTI Membawa Konsep Khilafah

Gerakan Dakwah HTI Membawa Konsep Khilafah

Jakarta – Rencana pemerintah dalam membubarkan organisasi Hizbut Tahrir Indonesia atau HTI dinilai tidak terlalu ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis