Home > Ragam Berita > Nasional > Bupati Banyuwangi Punya PR Besar untuk Atasi Lonjakan Pengangguran

Bupati Banyuwangi Punya PR Besar untuk Atasi Lonjakan Pengangguran

Banyuwangi – Tantangan ekonomi global kini semakin dinamis. Hal tersebut diungkapkan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. Menurut dia, lonjakan angka pengangguran adalah PR yang utama.

Bupati Banyuwangi Punya PR Besar untuk Atasi Lonjakan Pengangguran

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas

Banyaknya perampingan di berbagai sektor industri, memaksa pabrik-pabrik skala nasional mengurangi karyawan secara besar-besaran. Akibatnya hal itu berdampak ke daerah, termasuk Banyuwangi.

Terlebih lagi saat ini, banyak tenaga kerja asal Banyuwangi yang dulunya kerja di luar kota, namun karena banyak pabrik yang tutup ataupun pindah, akhirnya kembali lagi ke Banyuwangi.

“Tentu, ini menjadi tantangan baru, di tengah lapangan pekerjaan yang terbatas dan angkatan kerja semakin meningkat,” papar Bupati Anas ketika berbincang di rumah dinasnya, Pendopo Sabha Swagata Blambangan, Senin (2/1/2017).

Anas mengungkapkan langkah yang akan ditempuh oleh Kabupaten Banyuwangi, yaitu dengan meningkatkan daya saing. Ada tiga langkah yang akan ditempuh untuk mengurai tantangan tersebut.

Pertama yang akan dilakukan adalah penguatan SDM. Di antaranya, mengentas anak putus sekolah, pemberdayaan perempuan dan pemuda, dan pelatihan ekonomi kreatif berbasis komunitas.

“Siswa SMK setelah lulus akan dapat ketrampilan lebih untuk.bekal dia nanti,” jelasnya.

Baca juga: Rumah Hantu Darmo Dilarang Dikunjungi Warga

Langkah kedua, lanjut Anas, dengan pembangunan infrastruktur. Irigasi, jalan dan berbagai transportasi terus ditingkatkan. Bandara juga akan terus dikembangkan. Sesuai target Maret 2017 sudah ada direct flight Banyuwangi-Jakarta.

“Kerja keras yang kami lakukan ini belum cukup, perlu dilengkapi dengan
dukungan dari rakyat Banyuwangi. Kita perbanyak doa dan sholawat, memohon supaya Banyuwangi diberi kemudahan. Doa masyarakat semua adalah kunci dari kesuksesan Banyuwangi ini,” tutupnya. (Siti Rahma – satupedia.com)

x

Check Also

Politisi Nasdem Heran Negarawan Sekelas SBY Mengeluh di Twitter

Politisi Nasdem Heran Negarawan Sekelas SBY Mengeluh di Twitter

Jakarta – Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono sempat membuat postingan di akun Twitternya. Postingannya ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis