Home > Gaya Hidup > Tips > Hindari Beberapa Aktivitas Ini saat Haid

Hindari Beberapa Aktivitas Ini saat Haid

Jakarta – Saat sedang haid, tubuh rasanya sakit semua. Belum lagi dengan kondisi emosi dan mood yang nggak stabil. Mau aktivitas seperti biasa pun rasanya susah sekali.

Hindari Beberapa Aktivitas Ini saat Haid

ilustrasi

Biar makin tidak tersiksa saat haid, sebaiknya perhatikan soal rutinitas atau kegiatan yang kita lakukan. Ada kegiatan atau kebiasaan yang sebaiknya tak dilakukan saat sedang haid. Apa sajakah? Berikut infonya.

Olahraga Berat
Saat sedang haid, tubuh biasanya butuh waktu istirahat lebih banyak dan rileks. Hindari jenis olahraga berat. Tapi kalau sekadar jalan-jalan santai sih nggak masalah.

Minum Minuman yang Berbahan Susu
Susu, cappucino, kopi susu, dan minuman lain yang berbahan susu sebaiknya dihindari. Seperti yang dilansir oleh wellordie.com, susu mengandung komponen yang disebut asam arakidonat yang bisa membuat nyeri kram perut jadi makin parah. Selain itu, hindari juga minum minuman yang mengandung kafein, ya.

Ngemil di Tengah Malam
Penting untuk mendapat tidur yang cukup dan berkualitas. Hindari kebiasaan ngemil di tengah malam. Apalagi jika yang dikonsumsi adalah makanan instan atau berminyak, bisa-bisa kesehatan jadi terganggu karena makanan tak bisa dikonsumsi dengan baik.

Begadang
Saat sedang haid, dapatkan tidur minimal tujuh jam di malam hari. Sebisa mungkin hindari begadang. Agar tubuh mendapat istirahat yang cukup dan bisa beraktivitas dengan lebih nyaman.

Nonton Film Sedih
Kesehatan psikologis juga terpengaruh saat sedang haid. Ada baiknya untuk sementara waktu kamu menghindari menonton film yang sedih-sedih atau membaca buku sedih. Dalam sejumlah kasus, kondisi tersebut akan membuat mood jadi makin tak nyaman dan hati jadi makin galau.

Baca juga: Hati-Hati, Mandi Pakai Shower Bisa Bikin Sakit Paru-Paru

Mencabut Rambut atau Waxing
Saat sedang haid, pastikan tubuh mendapat istirahat yang cukup dan berada dalam kondisi yang benar-benar rileks. Jangan malah menyakiti tubuh seperti mencabut rambut ketiak atau waxing yang bisa bikin kulit perih.

Terlalu Membatasi Makanan yang Dikonsumsi
Tubuh akan kekurangan banyak darah saat sedang haid. Jangan hanya karena alasan ingin diet atau ingin kurus, kamu jadi terlalu membatasi makanan yang dikonsumsi. Tetap konsumsi makanan yang cukup. Perbanyak serat dari konsumsi buah dan sayuran. Minum air putih juga jangan sampai lupa.
(Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Hati-Hati, Pecahkan Jerawat di Area Ini Dapat Berdampak Besar

Hati-Hati, Pecahkan Jerawat di Area Ini Dapat Berdampak Besar

Jakarta – Pada dasarnya, Anda tidak anjurkan untuk memecahkan jerawat di wajah Anda, apalagi jerawat ...