Home > Ragam Berita > Internasional > Benarkah Tersangka Teror Istanbul Pernah Mendapat Pelatihan Militer di Suriah?

Benarkah Tersangka Teror Istanbul Pernah Mendapat Pelatihan Militer di Suriah?

Istanbul – Pelaku teror yang keji dalam pembantaian bersenjata api di Istanbul Turki rupanya orang yang terlatih.

Benarkah Tersangka Teror Istanbul Pernah Mendapat Pelatihan Militer di Suriah?

Suasana setelah teror bom istanbul

Pelaku dengan kostum sinterklas dan menghabisi nyawa 39 orang di kelab malam Istanbul, Turki pada malam tahun baru itu diduga dilakukan oleh kelompok Islamic State (ISIS). Dilaporkan media lokal, pihak keamanan menduga, pelaku adalah orang yang terlatih dan menjalani pelatihan militer di Suriah.

Penyerang, yang masih buron menembak mati seorang polisi dan seorang warga sipil di pintu masuk ke kelab malam Reina. Pelaku kemudian melepaskan tembakan dengan senapan otomatis dan peluru setengah lusin sekalipun korban sudah terluka dan terkapar di tanah.

ISIS diduga menjadi dalang dari serangan teror tersebut. Penembakan itu diduga sebagai aksi balas dendam atas keterlibatan militer Turki di Suriah.

Baca juga: Sir Ivan Rogers Mundur dari Dubes Inggris untuk Uni Eropa

“Penyerang itu memiliki pengalaman militer, bisa jadi telah berjuang di Suriah selama bertahun-tahun,” kata satu sumber keamanan sebagaimana diberitakan Reuters pada Selasa (3/1/2016).

Sumber tersebut mengatakan pelaku, mungkin telah diarahkan oleh kelompok jihad. Surat kabar Haberturk mengatakan penyelidikan polisi mengungkapkan pria bersenjata itu telah memasuki Turki dari Suriah dan pergi ke pusat kota Konya pada bulan November, bahkan pergi dengan istri dan dua anaknya agar tidak menarik perhatian.

Pria bersenjata itu telah melemparkan alat peledak beberapa kali selama penembakan, tampaknya untuk mengelabui publik. Media lokal juga menyebutkan ada ledakan kecil selama serangan itu.

Beberapa media Turki melaporkan bahwa polisi mencari pria 28 tahun itu diyakini sebagai pelakunya. Layanan keamanan Kyrgyzstan mengatakan seorang pria telah diperiksa polisi Kyrgyz namunkemudian dilepaskan. Para pejabat Turki belum berkomentar tentang rincian penyelidikan. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wow, Negara Ini Beri Jaminan Kepada Warganya Rp 7,8 Juta per Bulan

Wow, Negara Ini Beri Jaminan Kepada Warganya Rp 7,8 Juta per Bulan

Jakarta – Negara Finlandia membuat kebijakan baru terkait jaminan sosial bagi warganya dengan memberi US$ ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis