Home > Ragam Berita > Nasional > Dewan Pers Akan Tandai Media Yang Terpercaya Dengan Kode Barcode

Dewan Pers Akan Tandai Media Yang Terpercaya Dengan Kode Barcode

Jakarta – Baru-baru ini, Dewan Pers memutuskan akan memberikan barcode kepada media massa yang telah diverifikasi untuk melawan media abal-abal yang menyebarkan berita kebohongan alias berita hoax.

Dewan Pers Akan Tandai Media Yang Terpercaya Dengan Kode Barcode

Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo

“Nanti ada barcode-nya, bahwa media ini terpercaya, terverifikasi di Dewan Pers. Ini juga bertujuan meminimalisir masyarakat dirugikan oleh pemberitaan,” kata Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo, Rabu (4/1/2017).

Barcode tersebut nantinya dapat dipindai dengan smartphone. Selanjutnya akan terkoneksi data Dewan Pers yang menunjukkan data-data media terverifikasi, antara lain penanggung jawab serta alamat kantor. Langkah pemberian barcode akan dilakukan secara bertahap mulai (9/2/2017) ketika penyelenggaraan Hari Pers Nasional (HPN) di Ambon. Barcode yang kini masih dalam proses perancangan tersebut bukan berbentuk garis-garis, melainkan kotak-kotak.

“Saat ini masih dirancang karena butuh melibatkan Kementerian Komunikasi dan Informatika, karena setiap media beda-beda,” ujar Yosef.

Baca Juga : Video, Penganut Bumi Datar Ajak Kepala Lapan Beradu Teori

Nantinya yang bisa menjadi pertimbangan Dewan Pers antara lain adalah pilihan harus terkoneksi dengan International Standar Book Number (ISBN), sementara biasanya ISBN untuk buku, sedangkan media daring tidak memiliki ISBN. Kini pihaknya tengah mempelajari penerapannya untuk televisi dan radio. Setelah barcode tersebut diresmikan, mereka juga akan mensosialisasikan kepada masyarakat mengenai penggunaanya.

(bimbim – harianindo.com)

x

Check Also

Anies-Sandi Lanjutkan Kebiasaan Ahok Unggah Video Rapat Ke Youtube

Anies-Sandi Lanjutkan Kebiasaan Ahok Unggah Video Rapat Ke Youtube

Jakarta – Saat Ahok menjabat, dirinya selalu mengunggah video rapat ke Youtube. Alasannya agar masyarakat ...