Home > Unik > Misteri > Mitos, Mengapa Dilarang Pakai Baju Hijau Saat Ke Pantai Selatan Jawa ?

Mitos, Mengapa Dilarang Pakai Baju Hijau Saat Ke Pantai Selatan Jawa ?

Jakarta – Bagi masyarakat yang tinggal di sepanjang Pantai Selatan Jawa memiliki kepercayaan tersendiri bahwa warna hijau merupakan warna yang sangat disukai oleh sosok mitos Nyi Roro Kidul. Mungkin anda pernah mendengar apabila pergi ke pantai Selatan Jawa dilarang untuk memakai pakai baju hijau.

Mitos, Mengapa Dilarang Pakai Baju Hijau Saat Ke Pantai Selatan Jawa ?

Illustrasi

Konon masyarakat pantai selatan mempercayai hal tersebut. Setiap orang yang melanggarnya, dia akan digulung ombak, masuk ke lautan, dan meninggal dunia. Asal usul mitos tersebut lantaran sebuah cerita rakyat setempat yang selalu diceritakan turun temurun hingga kini.

Mitosnya bahwa ada makhluk dari bangsa gaib penguasa udara di pantai selatan yang bernama Dewi Angin-Angin. Dalam mediumisasi yang pernah dilakukan mengatakan, mulanya ketika Panembahan Senopati, pendiri Kerajaan Mataram ingin mencari kekuatan gaib.

Panembahan Senopati bernama Raden Danang Sutawijaya mencari petunjuk untuk bisa mengalahkan Kerajaan Pajang yang dipimpin oleh Joko Tingkir, sekaligus ingin memperluas kekuasaan Mataram. Lantas, Dia bersemedi di kawasan pantai selatan.

Sutawijaya yang sedang bertapa tersebut kemudian ditemui Ratu Laut Selatan dengan wujud seorang putri yang sangat cantik jelita, lengkap dengan pakaian berwarna hijau. Sosok Nyi Roro Kidul selalu menampakkan diri dengan mengenakan gaun hijau ketika bertemu dengan Panembahan Senopati.

Oleh sebab itu, akhirnya Panembahan Senopati membuat pengumuman kepada rakyat Mataram ketika itu untuk tidak memakai baju hijau ketika dirinya berada di pantai selatan, seperti Parangtritis, Pelabuhan Ratu, Parangkusumo, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Kecocokan Zodiak Pisces dengan Cancer dalam Hubungan Asmara

Larangan dari pendiri Kerajaan Mataram pertama tersebut hingga kini masih dipegang teguh oleh masyarakat. Itulah sejarah, asal-usul atau legenda yang menjadi alasan kenapa terdapat larangan bahwa tidak boleh mengenakan baju berwarna hijau jika ke pantai selatan.

(bimbim – harianindo.com)

x

Check Also

Warga Samarinda Utara Heboh Dengan Ternak Yang Dihisap Drakula

Warga Samarinda Utara Heboh Dengan Ternak Yang Dihisap Drakula

Samarinda – Warga Kelurahan Lempake, Kecamatan Samarinda Utara belakangan ini dihebohkan oleh kematian ternak kambing ...