Home > Ragam Berita > Nasional > Petugas Jaga Tertidur, 12 Tahanan Kabur dari Sel

Petugas Jaga Tertidur, 12 Tahanan Kabur dari Sel

Medan – Sebanyak 12 tahanan berhasil kabur. Kepala Seksi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polrestabes Medan Kompol Iskandar pun sedang menyelidiki kasus tersebut. Berdasar informasi yang diterima, saat tahanan tersebut kabur pada Jumat (30/12/2016), ada tiga petugas yang tertidur. Ketiganya adalah Aiptu Z (perwira pengawas/pawas), Aiptu HM dan Briptu PS.

Petugas Jaga Tertidur, 12 Tahanan Kabur dari Sel

ilustrasi

“Dari hasil pemeriksaan mereka terbukti lalai, karena tertidur saat bertugas. Saat ini kami sudah menyiapkan berkas pemeriksaan dan telah menyerahkan berkas tersebut kepada Kapolrestabes Medan untuk diteliti,” ujar Kompol Iskandar, Kamis (5/1/2017).

Menurut Iskandar, setelah dari Kapolrestabes Medan berkas para petugas jaga itu akan diserahkan kepada Bidang Hukum Polda Sumatera Utara. Mereka pun akan disidangkan terkait kelalaiannya.

“Kita kirim berkasnya ke bidang hukum agar mereka bisa mendapatkan penasehat hukum dalam persidangan kasus tersebut,” tukasnya.

Sementara itu terkait sanksi yang akan diberikan, Iskandar mengaku akan diputuskan di persidangan tersebut. Hukuman yang dapat dijatuhkan diantaranya teguran tertulis, mutasi sesuai demosi hingga penurunan pangkat.

“Kita tunggu sidangnya lah nanti. Sidangnya akan digelar di Propam Polrestabes Medan. Untuk saat ini ketiga petugas itu masih berdinas di Polsek Percut Seituan,” tukasnya.

Seperti diberitakan, sebanyak 12 orang tahanan berhasil kabur dari ruang tahanan polisi Polsek Percut Seituan pada Jumat 30 Desember 2016 lalu. Mereka berhasil melarikan diri setelah memotong teralis ventilasi ruang tahanan.

Baca juga: Mahasiswa UIT Makasar Diciduk Polisi Karena Unggah Status Ingin Ledakkan Gereja

Akibat kasus kaburnya tahanan itu, Kapolsek Percut Seituan, Kompol Lesman Zendrato diberhentikan dari jabatannya. Jabatan Kompol Lesman kemudian diserahkan sementara kepada Wakasat Narkoba Polrestabes Medan, Kompol Boy J Situmorang.

Di bawah kepemimpinan Boy, 9 tahanan kabur bisa kembali diringkus dalam 5 hari terakhir. Tiga diantaranya bahkan terpaksa ditembak karena melawan saat akan ditangkap. Saat ini tersisa 3 tahanan lagi yang masih diburu. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Eks Ketum PP Muhammadiyah Berikan Komentar Terkait Pidato Anies Baswedan

Eks Ketum PP Muhammadiyah Berikan Komentar Terkait Pidato Anies Baswedan

Yogyakarta – Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif atau Buya Syafii Maarif ternyata ...