Home > Ragam Berita > Nasional > Ombudsman : Kenaikan Tarif Pengurusan STNK dan BPKB Harus Melibatkan Stakeholder

Ombudsman : Kenaikan Tarif Pengurusan STNK dan BPKB Harus Melibatkan Stakeholder

Medan – Tarif pengurusan STNK dan BPKB bakal naik. hal tersebut pun telah sesuai dengan PP Nomor 10 Tahun 2016. Berdasar informasi, kenaikan tersebut bakal terjadi pada Jumat (6/11/2017). Ombudsman pun Republik mempertanyakan mekanisme kenaikan tarif tersebut.

Ombudsman : Kenaikan Tarif Harus Melibatkan Stakeholder

Kepala Ombudsman Perwakilan Sumatera Utara Abyadi Siregar

Kepala Ombudsman Perwakilan Sumatera Utara Abyadi Siregar menyebutkan, menurut Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, penyelenggara layanan publik tidak bisa menetapkan tarif layanan publik secara sepihak. Penyelenggara layanan publik harus terlebih dahulu mendapat persetujuan dari pengguna layanan, yakni masyarakat.

“Dalam menetapkan tarif layanan publik, penyelenggara layanan harus melibatkan stakeholder, yakni masyarakat sebagai pengguna layanan. Tidak bisa sesuka hati. Ini diatur tegas dalam Pasal 31 UU Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik,” kata Abyadi Siregar, Kamis (5/1/2017).

“Dalam undang-undang itu dijelaskan bahwa, legislatif menjadi representasi dari masyarakat dalam menetapkan biaya/tarif layanan publik. Jadi, harus ada persetujuan masyarakat dalam hal ini melalui legislatif,” imbuhnya.

Abyadi mengaku, kenaikan sebesar 100 persen yang diberlakukan pemerintah untuk penerbitan STNK dan BPKB, terbilang cukup besar dan sangat memberatkan masyarakat. Apalagi kondisi masyarakat saat ini cukup sulit pascakenaikan harga kebutuhan pokok, BBM serta rencana kenaikan tarif dasar listrik.

“Saya sendiri belum tahu apakah sudah disetujui DPR atau belum. Tapi ini perlu dipertanyakan. Karena kenaikannya menurut saya sangat memberatkan masyarakat. Kalau memang belum disetujui DPR sebaiknya ditunda dulu. Karena kalau begitu (diberlakukan) pemerintah dan DPR akan melanggar UU,” tegasnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Head to Head, Jokowi Masih Unggul Dibandingkan Prabowo

Head to Head, Jokowi Masih Unggul Dibandingkan Prabowo

Jakarta – Pilpres masih dua tahun lagi namun gemanya sudah mulai terdengar, bahkan Partai Nasdem ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis