Home > Ragam Berita > Nasional > Inilah Alasan KPK Layangkan Banding atas Vonis Sanusi

Inilah Alasan KPK Layangkan Banding atas Vonis Sanusi

Jakarta – Mantan Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Gerindra Mohamad Sanusi telah mendapat vonis. Yakni, tujuh tahun penjara dan denda Rp 250 juta subsidair dua bulan kurungan. Namun, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melayangkan banding atas vonis tersebut.

Inilah Alasan KPK Layangkan Banding atas Vonis Sanusi

KPK layangkan Banding atas vonis Sanusi

Menurut Juru Bicara KPK, Febri Diansyah ‎banding yang diajukan lembaga antirasuah dilakukan dengan berbagai pertimbangan. Salah satunya, adalah adanya sejumlah aset milik Sanusi yang tidak dirampas.

“Kedua, ada tuntutan JPU yang tidak dikabulkan terkait pencabutan hak politik,” ujar Febri di Gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (5/1/2017).

Selain itu, Febri menilai bahwa sanksi pidana yang dijatuhkan ke Sanusi jauh dari tuntutan yang diajukan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK.‎ Oleh karenanya, ada ketidakadilan dari tindak pidana korupsi yang dilakukan Sanusi dengan vonisnya.

Baca juga: Komisi I DPR : BSN Dibentuk untuk Atasi Perang Siber

Vonis Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta diketahui lebih ringan dari tuntutan jaksa, yakni 10 tahun penjara. Sanusi dinilai terbukti bersalah menerima suap sebesar Rp 2 miliar dari mantan Presiden Direktur PT Agung Podomoro Land, Ariesman Widjaja. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Gerindra Keluar dari Pansus Angket, Wakil Ketua DPR Layangkan Sindiran

Gerindra Keluar dari Pansus Angket, Wakil Ketua DPR Layangkan Sindiran

Jakarta – Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah, menyindir langkah Gerindra yang keluar dari keanggotaan Pansus ...