Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Diare Menahun? Mungkin ini Penyebabnya

Diare Menahun? Mungkin ini Penyebabnya

Jakarta – Mengonsumsi makanan pedas atau asam seringkali disalahkan ketika Anda mengalami diare. Padahal, masih ada beberapa hal lain yang dapat memicu diare. Salah satunya adalah sorbitol.

Diare Menahun? Mungkin ini Penyebabnya

Mengonsumsi Alkohol Dapat Sebabkan Diare

Sorbitol yaitu pemanis buatan yang ditemukan dalam banyak produk bebas gula, seperti permen karet, permen, obat batuk, minuman olahraga, jus kemasan dan selai.

Menurut ahli penyakit dalam, Anish Sheth, ketika dicerna, sorbitol akan menarik air ke dalam saluran usus dan ini dapat menyebabkan diare.

Selain sorbitol, ada empat hal aneh yang dapat memicu diare seperti berikut seperti dilansir dari metrotvnews.com, Minggu (8/1/2017):

1. Latihan atau olahraga
Sesi angkat berat, lari jarak jauh atau bersepeda dapat memicu diare. Ini disebabkan karena olahraga yang dilakukan secara rutin tersebut dapat mengalihkan pasokan darah begitu banyak dari saluran pencernaan dan otot-otot yang dapat menyebabkan kram perut, bahkan terkadang tinja yang berdarah.

Jika Anda mengalami diare setelah melakukan lomba lari jarak jauh, temui dokter Anda. Apakah Anda mengalami sindrom iritasi usus besar atau mengejan terlalu banyak saat olahraga.

2. Giardia
Beberapa orang mengalami diare selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan tanpa penyebab yang pasti. Padahal, menurut Dr.Sheth, giardia adalah parasit yang paling sering muncul di air tawar. Jika Anda sering hiking, berkemah atau berenang di air tawar, kemungkinan Anda memiliki giardia sangat besar.

3. Antibiotik
Terkadang, obat antibiotik juga dapat memicu diare. Pasalnya, antibiotik mengubah flora bakteri dalam usus dan dapat menyebabkan ketidakseimbangan bakteri baik dan buruk. Bakteri ini mempengaruhi cara tubuh memproses makanan.

Jika Anda mengalami diare saat minum antibiotik, tanyakan pada dokter Anda. Yogurt dan minuman probiotik saat mengonsumsi antibiotik dapat membantu menjaga segala hal dalam keseimbangan.

4. Minuman keras atau alkohol
Jika Anda gemar minum minuman keras atau alkohol, diare mungkin saja dapat menghampiri Anda. Kandungan karbohidrat dalam minuman alkohol sangat tinggi dan ini akan difermentasi dalam usus sehingga dapat sebabkan perut kembung,dan buang air besar cair.

Baca juga: Terlalu Sering Konsumsi Pizza Ternyata Bisa Berdampak Bagi Kesehatan Anda

Selain itu, alkohol memiliki efekstimulan pada saluran pencernaan yang dapat memperkuat otot-otot dalam usus untuk mendorong segala hal dengan lebih cepat. Hidrasi tubuh dengan air untuk menghindari dehidrasi yang disebabkan dari alkohol. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Jangan Malu Untuk Menangis Saat Nonton Film, Itu Menyehatkan

Jangan Malu Untuk Menangis Saat Nonton Film, Itu Menyehatkan

Jakarta – Ketika menonton film drama biasanya akan mengaduk-aduk emosi hingga mengakibatkan penontonnya menangis. Namun, ...