Home > Ragam Berita > Ekonomi > 9 Januari 2017, Rupiah Diperkirakan Bergerak ke Level Rp 13.280 per US Dollar

9 Januari 2017, Rupiah Diperkirakan Bergerak ke Level Rp 13.280 per US Dollar

Jakarta – Geliat nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) diperkirakan akan mengalami penguatan secara berkelanjutan. Nilai tukar rupiah pada hari ini, Senin (9/1/2017) ini akan bergerak pada kisaran ‎support Rp 13.400 per USD, sementara resisten berada di level Rp 13.280 per USD.

9 Januari 2017, Rupiah Diperkirakan Bergerak ke Level Rp 13.280 per US Dollar

Rupian dan US Dollar

Reza Priyambada selaku Analis Senior Bina Artha Securities mengatakan, penguatan nilai tukar rupiah akan dibantu dengan adanya rilis kenaikan defisit neraca perdagangan AS yang diikuti dengan‎ penurunan nonfarm payrolls dan factory orders yang dapat melemahkan USD dan dengan demikian nilai tukar rupiah masih dapat menguat.

“Gerak rupiah yang masih dapat memanfaatkan pelemahan USD masih memiliki peluang untuk kembali menguat, tapi tetap mencermati berbagai sentimen terutama dari rilis data-data ekonomi AS. Diharapkan sentimen ini dapat masih bertahan,” kata Reza, seperti dikutip dari riset hariannya, di Jakarta, Senin (9/1/2017).

Reza meyebut jika gerak USD bergerak menguat menjelang rilis data perekonomian Amerika Serikat, tapi rupiah mampu bergerak menguat. ‎Sebelumnya, pelaku pasar memperhatikan rilis beberapa data perekonomian AS, terutama laporan data tenaga kerja yang diestimasi membaik sehingga berimbas positif terhadap indeks USD.

Meski demikian, Reza menambahkan, pergerakan USD tertahan dengan adanya sejumlah ketidakpastian terutama pada ketidakpastian realisasi janji Trump terhadap beberapa kebijakan ekonomi. Dalam kampanye pilpres AS, Trump menyerukan perbaikan dari perjanjian perdagangan bebas di Amerika Utara.

Baca juga: Data BPS : Hampir Separuh Warga DKI Belum Punya Rumah Sendiri

Bahkan, Trump juga sering menjanjikan untuk membangun dinding sepanjang perbatasan AS-Meksiko. Trump telah memanggil beberapa perusahaan untuk mengirim pekerjaan dari AS ke negara-negara lain. Ketidakpastian lainnya ialah terkait dengan hubungan dagang AS-Tiongkok sehingga pelaku pasar lebih memilih keluar pasar. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Terkait Program DP Rumah 0 Persen, Ini Kata Pengembang

Terkait Program DP Rumah 0 Persen, Ini Kata Pengembang

Jakarta – Program DP rumah 0 persen yang digadang-gadang oleh calon Gubernur dan Wakil Gubernur ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis