Home > Ragam Berita > Ekonomi > Subsidi Elpiji 3 Kg Mulai Diterapkan Maret Ini

Subsidi Elpiji 3 Kg Mulai Diterapkan Maret Ini

Jakarta – Pemerintah lewat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan pelaksanaan subsidi elpiji tiga kilogram (kg) tertutup tepat sasaran akan mulai dilaksanakan pada Maret 2017. Pemerintah berharap, implementasinya akan berjalan baik dan lancar.

Subsidi Elpiji 3 Kg Mulai Diterapkan Maret Ini

Elpiji 3Kg

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi, Kementerian ESDM, IGN Wiratmaja Puja menjelaskan, pelaksanaan subsidi langsung elpiji tiga kg untuk masyarakat miskin dan rentan miskin akan dilakukan bertahap mulai Maret 2017. Kementerian ESDM dan Kementerian Sosial telah bekerja sama terkait pendataan dan pembagian kartu kepada masyarakat yang berhak.

“Kita akan menggunakan skema subsidi langsung, bekerja sama dengan Kementerian Sosial. Jadi keluarga yang berhak dapat satu kartu yang nantinya dapat jatah elpiji tiga kg sebanyak tiga tabung per bulan. Kalau yang usaha mikro (mendapat) sembilan tabung,” jelas Wiratmaja, seperti dikutip dari laman resmi Ditjen Migas, Jakarta, Senin (9/1/2016).

Demi pelaksanaan program berjalan lancar, lanjut Wirat, Kementerian ESDM melakukan diskusi yang intensif dengan Kementerian Sosial. Saat ini, Kementerian Sosial telah menyebarkan sekitar 800.000 kartu ke beberapa daerah. Dari penyebaran kartu itu akan diteliti daerah mana yang paling siap untuk penerapan subsidi elpiji tiga kg kg ini.

Baca juga: Menteri PUPR Optimis Pembangunan 1 Juta Rumah Bakal Tercapai pada 2017

“Sedang kita bahas, (daerah) mana yang paling siap. Kementerian Sosial sudah menyebarkan sekitar 800.000 kartu juga,” ujar Wirat. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Sandiaga Imbau Jalur Busway Harus Steril

Sandiaga Yakinkan Program Rumah DP Rp 0 Pasti Terealisasi

Jakarta – Pemerintah Provinsi dan DPRD DKI Jakarta tengah menggodok revisi Kebijakan Umum Anggaran dan ...