Home > Ragam Berita > Nasional > Pengamat Hukum : Tidak Ada Saksi dari Kepulauan Seribu Dalam Sidang Ahok

Pengamat Hukum : Tidak Ada Saksi dari Kepulauan Seribu Dalam Sidang Ahok

Jakarta – Pakar Hukum Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Andi Syafrani mempertanyakan keterangan saksi yang didatangkan jaksa penuntut umum (JPU) dalam sidang dugaan kasus penistaan agama Islam dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama.

Pengamat Hukum : Tidak Ada Saksi dari Kepulauan Seribu Dalam Sidang Ahok

Ahok saat melakoni sidang

Keterangan yang disampaikan dalam sidang ke lima Ahok belum memnuhi beberapa unsur. Pembuktian dan kredibilitas saksi masih diragukan. Selain itu, tidak ada satu pun orang dari Kepulauan Seribu yang ikut sebagai pelapor.

Dilanjutkannya, warga Kepulauan Seribu justru merasa tidak ada masalah dengan pernyataan pria yang karib disapa Ahok. Padahal seharusnya, orang dari Kepulauan Seribu yang pertama kali merasa keberatan dengan pernyataan sang gubernur nonaktif tersebut. Pasalnya, Ahok menyampaikan itu saat bertatap muka dengan warga di Pulau Seribu.

“Locus delictie kasus ini kan berawal di Kepulauan Seribu. Tetapi, warga di sana merasa tidak ada yang salah dengan ucapan Ahok. Ini pertanda, saksi-saksi yang dihadirkan itu tidak berbobot,” tuturnya pada Kamis (12/1/2017).

Meski kualitas kesaksian diragukan, Andi menguraikan majelis hakim tidak bisa serta merta memerintahkan jaksa menghentikan kasus ini. ”Hakim tidak dapat menghentikan kasus dalam pemeriksaan kecuali melalui putusan,” imbuhnya.

Baca juga: Diperiksa Polda Metro Jaya, Ratna Sarumpaet Tampik Terlibat Makar

Karena itu, sambung dia, saat ini merupakan kesempatan bagi JPU untuk membuktikan dakwaan. Apalagi, hakim akan tetap mendengarkan saksi-saksi yang diajukan JPU meskipun bobot kesaksiannya sangat rendah.

“Nanti akan diberikan kesempatan kepada Ahok sebagai terdakwa untuk membela diri dengan bukti-bukti yang disiapkan,” urainya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Beredar Isu GMBI Palak Sekolah Ratusan Juta Rupiah Untuk Bangun Kantor

Beredar Isu GMBI Palak Sekolah Ratusan Juta Rupiah Untuk Bangun Kantor

Bogor – Belakangan ini, LSM Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) sering dibicarakan oleh banyak orang usai ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis