Home > Ragam Berita > Nasional > Kementerian Kelautan dan Perikanan Klaim Ada Ratusan Titik Harta Karun di Indonesia

Kementerian Kelautan dan Perikanan Klaim Ada Ratusan Titik Harta Karun di Indonesia

Jakarta – Baru-baru ini, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyatakan bahwa terdapat 463 titik harta karun yang sudah teridentifikasi di beberapa wilayah di Indonesia. Lokasi yang tersebar di beberapa titik tersebut merupakan lokasi harta karun yang berasal dari benda muatan kapal tenggelam (BMKT).

Kementerian Kelautan dan Perikanan Klaim Ada Ratusan Titik Harta Karun di Indonesia

TNI AL mengamankan keramik kuno berbagai jenis yang diangkat pemburu harta karun dari perairan Haluputan, 60 mil dari Kijang, Bintan

Brahmantya Satyamurti Poerwadi selaku Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut KKP, mengatakan bahwa jumlah titik tersebut masih sementara. Hal tersebut lantaran pihaknya masih menerima banyak laporan dari masyarakat tentang adanya tangkapan barang-barang antik dari laut.

“Itu ada di Selayar, Kelarik, Cirebon, dan Anambas. Ada 463 titik yang sudah teridentifikasi. Itu belum termasuk yang nantinya kita lihat. Kan laporan masyarakat banyak karena tangkapan tiba-tiba bawa piring, tiba-tiba bawa gelas,” kata Brahmantya di Kementerian Kelautan dan Perikanan, Selasa (10/1/2016).

Meski demikian, Brahmantya masih belum bisa menghitung berapa nilai kekayaan harta karun tersebut. Pihaknya kini masih berusaha mengangkat hasil harta karun tersebut untuk bisa menghitungnya secara pasti.

Baca Juga : KPU DKI Wajibkan Lembaga Survey Yang Merilis Quick Count Untuk Melengkapi Berkas Pendaftaran

Kini usaha pengangkutan harta karun di bawah laut hanya boleh dilakukan oleh pemerintah. Melalui Perpres No 44 Tahun 2016, pengangkatan harta karun di dalam laut masuk dalam daftar negatif investasi (DNI) atau tidak diperbolehkan bagi asing dan swasta. Hanya saja belum ada anggaran dari APBN 2017 yang dialokasikan untuk pengangkutannya.

(bimbim – www.harianindo.com)

x

Check Also

Anies Enggan Tanggapi Isu Ahok Bakal Diangkat Jadi Mendagri

Anies Enggan Tanggapi Isu Ahok Bakal Diangkat Jadi Mendagri

Jakarta – Sebuah pesan singkat berantai berisikan informasi mengenai Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis