Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Kekurangan Zat Besi Dapat Akibatkan Hal Ini

Kekurangan Zat Besi Dapat Akibatkan Hal Ini

Jakarta – Ketika tingkat zat besi dalam darah Anda rendah, hal tersenut dapat menyebabkan anemia. Dan rupanya, kekurangan zat besi juga menyebabkan gangguan pendengaran.

Kekurangan Zat Besi Dapat Akibatkan Hal Ini

Kekurangan Zat Besi Bisa Sebabkan Gangguan Pendengaran

Berdasarkan penelitian dalam JAMA Otolaryngology-Head & Neck Surgery, orang dewasa yang anemia sekitar dua kali lipat berpotensi terkena gangguan pendengaran. Tetapi kondisi ini tidak terjadi pada mereka dengan kadar zat besi dalam tubuh normal.

Fakta tersebut terungkap usai penelitian terhadap lebih dari 300 ribu orang dewasa di Pennysylvania berusia 21-90 tahun. Berdasarkan hasil analisis, partisipan yang kekurangan zat besi biasanya mengalami gangguan pendengaran.

Peneliti dari studi ini mengungkapkan bahwa memang ada hubungan antara anemia dengan gangguan pendengaran. Namun studi tidak menunjukkan hubungan sebab akibat kedua hal ini seperti mengutip Live Science, Jumat (13/1/2017).

Berdasarkan hasil penelitian terdahulu, ada beberapa alasan mengenai hubungan anemia dengan gangguan pendengaran. Salah satunya anemia dapat memicu kerusakan pada pembuluh darahdi telinga. Sehingga menyebabkan masalah pada pendengaran seperti diungkapkan dalam penelitian mahasiswa doktoral di Pennsylvania State University College of Medicine, Kathleen Schieffer.

Baca juga: Konsumsi Alkohol Picu Keinginan Makan “Junk Food”

Anemia sendiri sebenarnya bisa diatasi dengan mudah menggunakan suplemen zat besi. Selain itu banyak makanan yang bisa mengandung zat besi seperti kacang polong, sayuran berwarna hijau, daging merah, ikan, dan telur. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Tips Tidak Mudah Sakit Bagi Pekerja Shift Malam

Tips Tidak Mudah Sakit Bagi Pekerja Shift Malam

Jakarta – Para pekerja shift malam cenderung memiliki masalah kesehatan, terutama jika tidak mengatur gaya ...