Home > Ragam Berita > Nasional > Tolak Penangguhan, KPK Imbau Samsu Umar Abdul Samiun Segera Penuhi Panggilan

Tolak Penangguhan, KPK Imbau Samsu Umar Abdul Samiun Segera Penuhi Panggilan

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta Bupati Buton Samsu Umar Abdul Samiun memenuhi panggilan penyidik. Samsu Umar dipanggil dalam kapasitasnya sebagai tersangka pemberi suap terkait sengketa Pilkada Buton di Mahkamah Konstitusi Tahun 2011.

Tolak Penangguhan, KPK Imbau Samsu Umar Abdul Samiun Segera Penuhi Panggilan

KPK

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, Samsu Umar meminta penundaan pemeriksaan hingga pelaksanaan Pilkada serentak Februari mendatang. Namun, KPK menolak permintaan itu. “Pengacara minta jadwal ulang setelah pilkada. Tapi kami tolak. Paling lambat besok harus hadir,” kata Febri pada Kamis (12/1/2017).

Menurut Febri, panggilan kepada Samsu Umar telah dilayangkan sebanyak dua kali. Namun, hingga kini dia tidak hadir dengan alasan baru menerima surat panggilan dari KPK.

Diketahui, Samsu Umar Abdul Samiun mengajukan praperadilan melawan KPK atas penetapan tersangkanya. Gugatan Samsu Umar Abdul Samiun sudah didaftarkan ke PN Jaksel dengan nomor register 159/Pid.Prap/2016/PN.Jkt.Sel.

Baca juga: Politikus Senior PPP Nilai Megawati Tidak Paham dengan Agama

Adapun hakim yang akan memimpin persidangan adalah Noor Eddyono. Meski demikian, pada 3 Januari lalu, hakim menunda sidang karena KPK sebagai pihak termohon tidak hadir.

Dugaan suap ini bermula dari pelaksanaan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara yang digelar pada Agustus 2011. Terdapat sembilan pasangan calon yang mengikuti Pilkada ini. Yakni, pasangan Agus Feisal Hidayat dan Yaudu Salam Ajo, Ali La Opa dan La Diri, Azhari dan Naba Kasim, Jaliman Mady dan Muh Saleh Ganiru, Samsu Umar Abdul Samiun dan La Bakry, La Sita dan Zuliadi, La Ode M Syafrin Hanamu dan Ali Hamid, Edy Karno dan Zainuddin, serta pasangan Abdul Hasan dan Buton Achmad. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Ada Percikan Api di Suramadu, Pengendara Roda 2 Balik Arah

Ada Percikan Api di Suramadu, Pengendara Roda 2 Balik Arah

Surabaya – Jalan tol Suramadu jalur roda 2 Surabaya Madura terbakar pada hari sabtu (23/09/2017) ...