Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Hindari Komplikasi Diabetes dengan Tips Ini

Hindari Komplikasi Diabetes dengan Tips Ini

Jakarta – Diabetes merupakan jenis penyakit dimana kondisi kadar gula darah seseorang menjadi tinggi. Hal ini terjadi karena kurangnya hormon insulin yang menurunkan kadar gula darah dalam tubuh atau insulin yang ada tidak bekerja dengan baik.

Hindari Komplikasi Diabetes dengan Tips Ini

Ilustrasi

Akhir-akhir ini, diabetes menjadi bahan pembicaraan sejak personel Project Pop, Mochamad Fachroni alias Oon, meninggal dunia pada Jumat pagi, 13 Januari 2017, di Bandung. Oon meninggal karena menderita penyakit diabetes yang menyebabkan komplikasi dan merusak fungsi beberapa orang tubuhnya, seperti jantung, ginjal, dan hati.

Wismandari Wisnu selaku Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Endokrin, Metabolik, dan Diabetes (SpPD-KEMD) Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo mengungkapkan, diabetes memang dapat menyebabkan komplikasi. Seperti jantung koroner, stroke, luka sulit sembuh hingga diharuskan amputasi, kebutaan, gagal ginjal, impotensi, dan lelainan saraf.

“Itu komplikasi jangka panjangnya,” kata Wismandari yang juga berdinas di Rumah Sakit Pondok Indah, kepada awak media, Jumat (13/1/2017).

Ia menambahkan, saat ini diabetes belum bisa disembuhkan. Meskipun dapat dikontrol dengan baik dan hidup sehat.

“Tatalaksananya adalah dengan edukasi, pola makan, olahraga, dan obat-obatan,” ujar dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia tersebut.

Baca juga: Kekurangan Zat Besi Dapat Akibatkan Hal Ini

“Kalau tatalaksananya baik, dalam hal ini kontrol gula darah, darah tinggi dan kolesterolnya baik, maka komplikasi bisa dicegah,” tambah Wismandari. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

7 Makanan Penyebab Osteoporosis

7 Makanan Penyebab Osteoporosis

Jakarta – Osteoporosis atau keropos tulang merupakan penyakit yang banyakan terjadi pada orang lanjut usia ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis