Home > Teknologi > Internet > Hati-Hati, Foto Selfie Dua Jari Dapat Membahayakan. Ini Alasannya

Hati-Hati, Foto Selfie Dua Jari Dapat Membahayakan. Ini Alasannya

Jakarta – Bila Anda gemar berfoto selfie dengan pose ‘victory’ atau menunjukkan dua jari, biasannya jari telunjuk dan jari tengah, sebaiknya mulai berhati-hati karena para pencuri digital dapat mengambil gambar sidik jari Anda dan menirunya.

Hati-Hati, Foto Selfie Dua Jari Dapat Membahayakan. Ini Alasannya

Menurut pemerintah China, foto selfie dengan menunjukkan dua jari ke arah kamera akan memberikan kesempatan kepada penjahat cyber untuk mencuri data-data pribadi dengan cara membuat replika atau meniru sidik jari yang tertangkap kamera.

Meskipun hal ini terdengar mustahil namun pada Desember 2014 lalu seorang ahli keamanan, Jan Krissler, mengaku berhasil membuat tiruan digital dari sidik jari Menteri Pertahanan Jerman saat sang menteri mengadakan konferensi pers.

Namun demikian, mencuri gambar sidik jari dari sebuah foto selfie sangatlah sulit dilakukan kecuali menggunakan kamera beresolusi tinggi sehingga dapat menangkap gambar detail dari sidik jari.

Selain itu, tidak semua orang mempunyai kemampuan untuk dapat meniru sidik jari dengan sangat akurat. Namun demikian, mulailah untuk berhati-hati.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Segera Lakukan Registrasi Ulang Kartu Pra Bayar Bila Tidak Ingin Diblokir

Segera Lakukan Registrasi Ulang Kartu Pra Bayar Bila Tidak Ingin Diblokir

Jakarta – Bagi para pengguna kartu pra bayar, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menghimbau agar ...