Home > Ragam Berita > Nasional > Gelar Aksi Unjuk Rasa, Nelayan Kota Tegal Gelar Spanduk Menyesal Pilih Jokowi

Gelar Aksi Unjuk Rasa, Nelayan Kota Tegal Gelar Spanduk Menyesal Pilih Jokowi

Jakarta – Para nelayan yang tergabung di dalam Paguyuban Nelayan Kota Tegal (PNKT) melakukan demo pada Senin (16/1/2017) terkait pelarangan penggunaan alat tangkap ikan cantrang oleh pemerintah.

Gelar Aksi Unjuk Rasa, Nelayan Kota Tegal Gelar Spanduk Menyesal Pilih Jokowi

Ribuan nelayan ini memprotes dikeluarkannya Peraturan Menteri (Permen) Kelautan dan Perikanan Nomor 2 tahun 2015 dan Permen KKP Nomor 71 tahun 2016 tentang pelarangan penggunaan cantrang dalam kegiatan menangkap. Hal ini berakibat semakin sulitnya mereka mendapat tangkapan ikan dan menghidupi keluarga.

Selain berorasi, mereka juga membawa spanduk yang isinya penyesalan mereka karena telah memilih Jokowi
Kami Nelayan Kota Tegal Menyesal Memilih Jokowi, Kami Sudah Satu Bulan Tak Melaut Takut Dipenjara, Pak Jokowi Janjimu Palsu, Kajian Membuktikan Bahwa Cantrang Ramah Lingkungan, dan poster-poster yang lainnya.

Menurut Bendahara PNKT Riswanto, mereka menuntut agar alat tangkap ikan cantrang dilegalkan secara nasional. Selain itu, batas waktu enam bulan yang diberikan Kementerian KKP tidak cukup bagi mereka untuk mengganti cantrang.

“Sebelumnya memang ada pemberian toleransi hingga akhir Desember 2016 kemudian diperpanjang lagi selama enam bulan kedepan. Namun, waktu yang diberikan tidaklah cukup bagi nelayan untuk mengganti alat tangkapnya,” katanya.

“Karenanya, kami akan terus menggelar aksi selama enam bulan ke depan. Jika tuntutan tidak dipenuhi maka aksi lebih besar akan digelar nelayan sampai dicabutnya peraturan tersebut,” tambahnya.
(samsul arifin – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kerap Dituduh, Ahok Bantah dengan Sampaikan Visi Misi

Kerap Dituduh, Ahok Bantah dengan Sampaikan Visi Misi

Jakarta – Calon Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok kembali menyapa warga di ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis